Langsung ke konten utama

Masa Jaya Putih Biru

Source: Kaskus
Kalau sebelumnya sudah bercerita kisah jaman putih-merah yang penuh dengan segala keceriaannya kini giliran bercerita masa-masa kejayaan putih-biru alias SMP. 

Mengingat masa SMP memang membangkitkan kembali kenangan tentang segala prestasi yang pernah diraih. Ngga salah sih kalau masa SMP ini dinamai masa-masa kejayaan. Jadi maafkan kalau paragraf ini sedikit menyombongkan diri hahaha. Bagaimana tidak? Berhasil masuk kelas yang orang lain bilang kelas unggulan, masuk tiga besar, jadi juara umum, ikut lomba ini itu dari mulai yang akademik sampai non-akademik dijajal juga –walaupun ngga pernah juara sih—yang penting pengalamannya deh ya. Walaupun gara-gara itu sempet jadi anak yang agak belagu dan songong yang segalanya harus serba perfect. Ulangan kudu dapet 100 dan gak mau kalah sama orang lain, tiap liat orang lain dapat nilai lebih gede selalu aja panaaaasssshhhhh. Pokoknya dulu bener-bener jadi anak yang menomorsatukan nilai banget deh, kerjaan ngebanding-bandingin nilai orang sama nilai sendiri. Pernah sampe nangis gara-gara buat pertama kalinya di remidial. Dapat nilai kecil dikit nangis, gagal dikit nangis. Ah, cemen ternyata. Untung kebiasaan buruk ini gak bertahan sampai sekarang. Repot rasanya jika kuliah terus-terusan ngejar IPK.

Terlepas dari masalah akademik, kelas satu SMP mulai berani pacaran, tentunya diam-diam di belakang kanjeng mamih. Waktu itu belum dikasih telepon genggam, makanya ketemu pacar juga cuma sebatas di sekolah aja sambil malu-malu-tapi-mau-kalau-ketemu. Kalau datang ke rumah ngga sendirian tapi minta ditemenin, modusnya minjem buku pelajaran, padahal pengen ketemu. Masih inget, buku yang dipenjem dulu buku bahasa Inggris hahaha. Jaman-jamannya pacaran di SMP mah kerasa banget apa yang bikin semangat datang ke sekolah tuh. Sampai ekstrakulikuler pun ikut-ikutan pacar, basket. Pas putus? Ngga diterusin lagi basketnya jadi bisa main basketnya cuma setengah-setengah. Sayang sih. 

Kalau urusan cinta monyet jaman sekolah tuh sejutu banget sama salah satu lirik lagunya Bondan & Fade 2 Black. 

Cinta masa sekolah yang pernah terjadi that was the moment a part of sweet memory

Sweet memory banget sih emang –walaupun cuma cinta monyet—sampai-sampai (pernah) susah move on

Saking kangennya sama jaman SMP tiap mau berangkat kuliah satu angkot sama anak SMP suka jadi pengen balik lagi ke masa-masa itu. Apalagi kalau di angkot anak-anak SMP itu pada ngomongin pacarnya (dan aku jomblo) kan jadi suka kangen mantan-mantan jaman SMP hahahaha. 

Jaman SMP juga pertama kali jatuh cinta sama dunia baca. Masih inget banget waktu itu dikasih pinjem novel sama temen judulnya “Kelopak Bintang” dari situ mulai ketagihan baca novel dan hobi banget ke toko buku, sampai akhirnya punya hobi baru yang bertahan sampai sekarang, ngoleksi novel. Dan karena suka baca juga akhirnya jadi seneng nulis, walaupun udah biasa bikin cerita-cerita pendek sejak SD tapi baru bener-bener berani nge-publish tulisan sendiri sih kemarin-kemarin. 

Daaaaannn yang paling spesial di jaman SMP ini ketika kalian pernah ngalamin nUliZ kaYak g!n1 at4u bbeginniht, yyha gaxx??

Siapa sih yang gak pernah alay?? Hahaha. Selain jaman SMP itu disebut masa kejayaan disebut juga masa kealayan. Kelas sembilan mulai mengenal dunia maya, facebook. Belum punya facebook belum gaul! Sembarang add siapa aja yang penting temennya banyak, tiap udah update status selalu berharap dapat seribu jempol kalau orang yang gak sabaran sih langsung nge-chat like status aku pliissss. Nama-nama di akun fb pun aneh-aneh, sampai-sampai gak bisa bedain itu nama akun fb atau curhat, mz, mba? Foto-foto di facebook penuh dengan editan photoscape yang rameeeeeee bener plus gaya khas ngambil foto dari atas jari tangan bergaya “peace” dan ditempelkan di mulut sambil monyong-monyong. Kalau udah foto gaya kaya gitu, fix kamu anak gaul (pada waktu itu). 

Setiap pulang sekolah bawaannya pengen ke warnet mulu. Warnet penuh pun sampai ditungguin sampe dapet satu room yang kosong. Bisnis buka warnet waktu itu mendadak melejit banget, yang aku inget sampai ada lima warnet waktu itu, sekarang? tiga diantaranya udah ngga ada.

Di masa SMP pula sering banget dimarahin mamah hampir setiaaaaaap hari. Waktu itu emang lagi seneng-senengnya main ke warnet terus. Sering banget kabur-kaburan dari mamah buat ngenet. 

Untuk menutup tulisan kenangan ini, mau sedikit buka aib tentang kealayan jaman SMP nih, siapkan mata kalian ya, tapi kalau gak berani mending gausah dilanjutin cukup sampai sini aja bacanya, ya..

Rok bawah pinggang udah paling gawl banget.

Sok imut itu penting, guys....

Kami mah emang suka pamer tas.

Udah mirip cover ablum belum?

Kurang berani gimana lagi coba corat-coret depan sekolahan?

Percayalah, dulu saya kurus....

Ngga tau harus ngomong apa soal foto ini......





 
Foto dengan caption di dalam foto itu udah gawl bgt lah.


Gimana nih pada sakit mata gak? Hahahaha...
Sebenarnya masih punya segudang foto-foto alay lainnya sih, tapi kasian yang liat ntar takut pada sakit mata hhaha.

Cerita soal masa lalu itu memang mengasyikan, ya. Selalu saja ada alasan buat mengenang masa lalu. Semoga tulisan ini bisa mengobati rindu akan masa-masa sekolah dan masa alay tentunya. 

Salam hangat,

Shela yang lagi kangen kamu.

Komentar

  1. Sumpah ngakak bacanya.. No comment :))

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang juga pasti sih pernah ngalamin masa alay yang bikin ngakak kalau sekarang diinget-inget lagi hahaha

      Hapus
  2. Kamubanak gawoolll... Hahaha
    Aku jadi ngerasa udah tua baca ini -_-

    BalasHapus
  3. Diposttahun 2016 dan dibaca tahun 2019. Dasar Aku 😢 .
    Terima kasih shela, tulisanmu selalu juara mengobati rindu. ❤️

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna