Langsung ke konten utama

Unforgettable Moment: Workshop Redaksi Trans7 "Eksis Jadi Jurnalis TV" (Part 2)

All Crew - Team 1
Kiri-Kanan (Berdiri) Saya, Kak Tata, Cerysa, Dewi, Fannisa, Kak Ari.
Kiri-Kanan (duduk) Kak Eko, Bang Roland, Fahmi, Kak Riyan.
Sabtu, 12 September 2015 (hari kedua workshop) akhirnya tiba. Ini hari yang pasti paling ditunggu oleh semua peserta workshop, karena pada hari ini adalah eksekusi langsung di lapangan setelah pemberian materi sehari sebelumnya. Tentu saja dengan persiapan yang semaksimal mungkin kelompok saya sudah siap untuk liputan pada hari tersebut.

Kita flashback dulu ya….

Malam sebelumnya kami berkesempatan untuk survey terlebih dahulu ke tempat zumba dance yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Jatinangor, gak semua ikut sih hanya beberapa orang saja termasuk saya. Waktu pertama kali masuk ke arena tempat zumba tersebut kami langsung di sambut dengan aroma keringat-keringat segar yang semerbak. Karena tempat zumba ada di lantai dua gedung tersebut dan tempatnya sedikit sempit maka yang survey ke lantai dua hanya saya, Cerysa, Kak Ari dan Kak Riyan, sedangkan Fahmi dan Kak Eko menunggu di bawah.

Oiya sebelumnya saya mau ngasih tahu dulu nih posisi setiap anggota kelompok kami, diantaranya:
Mentor            : Roland Lagonda.
LO                   : Cerysa Nur Insani.
Produser          : Riyan Galuh Firdaus.
Koor liputan    : Fannisa Firliany.
Reporter          : Shela Novianti Gumilang (Me!), Amarita Andiani.
Cam-pers         : Ari Febriani Sentosa, Suci Bela Ning Pertiwi.
Editor              : Fahmi M Fatoni Dahjana, Eko Susanto.
Dubber             : Dewi Widya.

Jadi sebelum siap liputan kami sempet rapat online dulu di grup WA, tapi sangat di sayangkan perangkat di handphone saya ngga mendukung buat download WA jadilah saya personal chat langsung sama mentornya buat berdiskusi. Kapan lagi bisa personal chat sama orang ganteng hahahaha. Diskusi sekalian modus yah, Shel. Saya kebagian tugas buat riset tentang zumba dance di internet dan di tempat saya nginep sinyalnya jelek parah mana handphone udah mau lowbat dan colokan di kamarnya gak bener. Sial emang. Makannya saya harus rela ngecharge handphone di luar kosan dengan udara dingin yang menusuk. FYI, waktu itu baru pulang workshop jam sembilan malem dan kepala udah pusing banget, tenggorokan juga  udah sakit pisan lah susah nelen tapi demi kesuksesan liputan saya rela gadang ko hehe. Mulai dari berusaha se-sabar mungkin menghadapi koneksi internet yang cacad abis sampai bikin naskah berita yang entah kenapa terasa sangat sulit dan gak ada inspirasi banget dan barulah bisa tidur sekitar pukul 00.00 dengan kondisi kedinginan karena gak ada selimut hikks.

Singkat cerita, pagi pun tiba. Alhamdulillah kondisi badan juga udah baikkan. Sampai di lokasi (Kampus Unpad) kelompok satu mulai berunding lagi nih untuk persiapan liputan dan yang paling utama sih ngomongin soal pengambilan gambar dan naskah yang sebenernya belum fix mau kaya gimana, tapi yang paling utama buat saya sih ngambil snack terus sarapan karena jujur aja waktu itu lapar bangeeeetttt. Sebenernya waktu itu saya masih harap-harap cemas sih soal naskah yang belum tau harus mulai kaya gimana sedangkan waktu liputan tinggal satu jam lagi, tapi untung Bang Roland akhirnya dateng (dia nih kan banyak fans-nya gitu, jadi sering ilang-ilangan di culik kelompok lain buat foto bareng -_-) dan dia ngasih sedikit gambaran buat saya untuk ngomong apa pas on-cam dan ngasih contoh untuk narasi awal di naskah berita. Akhirnya ada pencerahan juga.

Karena kita dituntut buat jadi the real journalism kita benar-benar harus ontime nih masalah waktu dan kerasa banget time is money-nya itu. Sekitar pukul 08.00 saya, kak Ari, Kak Tata dan Kak Suci pergi duluan ke tempat zumba ya itung-itung menghemat waktu lah walau sebenarnya kita liputan itu pukul 09.00, Cerysa dan Kak Ari nyusul setelah proses peminjaman camera dari pihak Trans7, untungnya kelompok kami punya satu lagi camera jadi bisa liputan lebih cepet. Sedangkan Fahmi sama Kak Eko tetep stay di Unpad buat masuk kelas editor dan Dewi masuk kelas dubbing, sedangkan Fannisa stand by handphone buat ngabar-ngabarin kita kalo-kalo ada hal yang penting. Sesampainya di tempat zumba kita langsung aja nih ke proses pengambilan gambar. Pertama pas saya masuk tempat zumba, daftar di recepcionist baru setelah itu langsung naik ke lantai dua. Dan wooow ternyata peserta zumba dance ini udah pada tahu mau ada liputan dari Trans7 jadi banyak banget peserta yang dateng, ada sekitar 30 orang deh, ruangannya jadi kerasa panas dan pengap banget.

Selanjutnya kami melakukan interview sama owner sekaligus pelatih zumba dance tersebut, untuk interview ini kita gak perlu beberapa kali take karena sepertinya mereka udah biasa di wawancara. Sekali take udah oke. Tapi pas giliran saya on-cam entah butuh berapa kali take. Mulai dari balelol gatau ngomong apa, kedeketan sama camera, udah ngomong tiba-tiba berhenti gara-gara nge-blang dan suara saya yang gak kedengeran. Hal tersebut bisa terjadi karena pas saya on-cam, sebelumnya saya ikut zumba dulu biar dapet keringat karena kata Bang Roland pas keringet kita keluar dan pemirsa lihat itu artinya ngejual banget. Ya namanya juga liputan, harus total. Jadi setelah saya nge-zumba loncat-loncat senam se-total mungkin sampe lagu pertama berhenti saya langsung on-cam tuh dan itu kondisinya lagi hah-heh-hoh banget, bahkan saya sempet kleyengan gitu. Susah ternyata jadi reporter tuh. Sialnya lagi pas belum dapet on-cam yang pas malah cameranya mati. DAAZZZZHH!!!! Udah ngumpulin keringet susah-payah, udah nyiapin apa yang mau diomongin ehhh cameranya gak bisa diajak kompromi. Jadilah kita nungguin dulu Cerysa sama Kak Ari buat bawa camera satu lagi (punya Trans7).

Ternyata nungguin camera satu lagi tiba itu gak se-sebentar yang di bayangin, sampe sekitar pukul 09.30 camera belum ada juga padahal tempat zumba tutup pukul 10.00, ya nunggu lama, ya mau tutup, ya keburu badmood. Siapa sih yang gak badmood kalo nunggu lama-lama. Untungnya owner dari tempat zumba itu nyamperin kami dan saya bilang kalo kami masih butuh liputan pas lagi zumbanya karena belum dapet on-cam yang pas dan si ownernya pun bilang “iya gak apa-apa, santai aja lah.” Ah..untung…..

Akhirnya yang ditunggu sedari tadi datang juga. Saya langsung semangat liputan lagi, dan nge-zumba lebih total dari sebelumnya, sampe gak sadar deh itu saya joget-joget bahagia gitu depan camera, walaupun ya pas ngikutin gerakannya saya masih rada kaku gitu karena ada beberrapa gerakan yang keliatan gampang tapi ternyata ribet juga, kalo kata basa sunda mah “asa pabaliut suku” untung aja saya gak sampai jatuh. Setelah beberapa kali take akhirnya dapet juga on-cam yang pas dan gak lama dari situ kegiatan zumbanya juga beres. Pas. Langsung take ke pengambilan gambar selanjutnya yaitu testimoni dari peserta zumbanya dan ini juga sekali take langsung oke.

Liputan berkahir dan kami pun siap pamitan tapi ternyata malah di tahan sama para ibu-ibu peserta zumbanya. Katanya minta foto dulu, jadilah kita sampe beberapa kali foto sama para ibu yang sampe rela ngantri, ya ampun….berasa artis. Beres foto-foto kita pun langsung balik ke kampus buat nyerahin hasil liputan ke Fahmi dan Kak Eko buat di edit, dan kita di kasih waktu dua jam buat ngedit video.

Malapetaka terbesar terjadi di proses pengeditan ini…..

Pengambilan gambar yang saya pikir sih udah banyak ternyata masih kurang untuk ukuran waktu pemutaran sekurang-kurangnya 1.30 menit dan maksimal 2.00 menit, karena tanpa kami sadari banyak gambar yang nge-blur dan posisi pengambilan yang salah sehingga membuat bingung editor, di tambah lagi kondisi komputer yang lemot bangeeeettttt. Duh maafkan kami Fahmi, Kak Eko, sabar ya……

Untuk pemilihan tayangan awal pun kami sedikit berdebat karena ada beberapa perbedaan pendapat antara editor dan saran yang di kasih sama Bang Roland. Pusing lah kami mau pilih yang mana sampai pada akhirnya saran Bang Roland lah yang diambil. Sambil nunggu ngedit video, Dewi (dubber) pun segera men-dubbing suaranya buat ngisi suara di videonya tapi nih masalah muncul lagi. Ruang buat nge-dubbing itu ternyata penuh banget terpaksa lah kita nge-dubbing sendiri pake I-phone.

Gak kerasa banget waktu pengeditan udah mau abis sedangkan kelompok kami belum dapet hasil apa-apa (karena masalah kekurangan gambar dan banyak gambar yang nge-blur). Saya udah panik banget dan rasanya udah gak sanggup buat liatin lagi proses pengeditan, tapi salut lah ngeliat dua editor yang tetep keliatan tenang di kondisi se-genting itu. Edan edan lah kaliaaannn!!

Untuk mengefektifkan waktu kita  pun memutuskan untuk meng-copy dulu hasil dubbing dari I-phone ke komputer dan karena di komputer gak ada I-tunes jadi harus nge-install dulu deh dari flashdisknya Kak Eko. Setelah berhasil di install ternyata hasil dubbing gak kebaca sama sekali sampe berkali-kali copot-pasang USB pun tetep nihil. Wasting time…. Di depan, Mbak Yolinda udah terus-terusan ngingetin waktu yang udah mau abis dan kita masih gak dapet hasil. Ah panik…panik…..

Kak Tata ngasih saran hasil dubbingnya kirim lewat e-mail aja, tapi sinyalnya di sana jelek banget jadi walaupun kirim e-mail kita harus nunggu lama lagi. Waktu semakin mepet, tapi untung untuk pengeditan video untungnya udah mau beres tapi tetep aja masih belum ada dubbingnya. Masih panik…panik….

Apalagi pas lihat kelompok lain yang udah pada ngumpulin videonya, makin panik…makin panik….Sedihnya lagi pas lihat kelompok lain ada sama mentornya, tapi waktu itu kita gak tahu Bang Roland ada dimana. Sedih ya…

Karena waktu yang semakin mepet akhirnya kita pasrah untuk gak pake dubbing, yah mau gimana lagi siihh. Saya sempet gak percaya kalo nantinya berita yang kita tayangin bakal tanpa dubbing. Kebayang gak sih kalo kalian nonton berita cuma liat gambarnya doang tanpa ada yang ngomong? Mana sampe beritanya juga, pupus sudahlah harapan kita buat jadi juara dan liputan kita tayang di Redaksi, Hiikkss.

Tapi kita tetep berusaha sih, di detik-detik akhir akhrinya sinyal lancar dan dubbingnya udah bisa masuk ke e-mailnya Fahmi dan waktu itu posisinya kita udah nge-render videonya, gak tahu bisa di edit lagi ga tau ngga. Karena emang waktunya juga udah abis kita pun (kecuali editor) udah di suruh ke luar ruangan dan menuju ke auditorium untuk evaluasi hasil liputan. Saya cuma bisa harap-harap cemas semoga dubbingnya bisa masuk. Tapi ternyata, entah apalah yang terjadi video kita akhirnya di kumpulkan tanpa ada dubbingnya. HUAAAAA!!!! Sedih rasanya dan mental saya langsung down, buat sekedar ngomong aja udah gak mood. Apalagi pas liat ekspresi Bang Roland waktu tahu kalo video kita itu gak ada dubbingnya kayanya kecewa banget walaupun dia berusaha menutupi ke kita. Ah maafkan kita Bang….

Pemutaran video pun dimulai, dan karena kami adalah kelompok satu itu artinya video kami yang pertama kali diputarkan. Saya langsung lemes banget. Pas lihat hasil videonya sebenernya sih hasilnya cukup bagus menurut saya, cuma itu dia, gak ada dubbingnya. Kang Taufik (yang waktu pemutaran video jadi MC-nya) pun langsung bilang “gak apa-apa yang penting proses dan usaha kalian ya..” Gak di sangka langsung banyak peserta workshop yang tepuk tangan dan itu bikin saya terharu dan merasa dapet suntikan semangat lagi.Caillaahh….

Apalagi ya setelah liat hasil video kelompok lainnya yang ternyata banyak ngalamin kejadian kaya kelompok kami, ya bahkan ada yang lebih parah dari kelompok kami. Ada juga video yang gak tahu kenapa terlihat lucu dan hiburan banget khususnya buat saya yang lagi badmood, apalagi tiap video udah tayang Kang Taufik suka ngasih hiburan dengan komentar-komentar dia yang nyeleneh tapi bikin seisi ruangan ketewa semua. Dan entah sejak kapan badmood saya benar-benar ilang sampe akhirnya bisa ketawa ngakak lagi. Gara-gara badmood udah ilang pun saya jadi keinget satu hal; DARI KEMARIN BELUM FOTO-FOTO!! Yap! Apalagi belum sempet foto sama mentor sendiri yang bahkan dari sebelumnya udah main di culik aja sama kelompok lain buat foto-foto. Fahmi langsung bilang “Shel abis ini kita hunting foto!” Dengan semangat saya jawab “hayuk, wajib foto pokoknya!” Apalagi foto sama Bang Roland, itu mah hak milik kelompok satu hahahaha. Saking gak sabar buat foto-foto pun pas lagi sambutan buat penutupan acara, kelompok kami sih malah sibuk ber-selfie-ria. Halah….

Gak kerasa rangkaian acara workshop selama dua hari pun sudah terlwati satu per satu. Workshop pun di tutup secara resmi. Ada rasa sedih yang tiba-tiba hinggap  di benak saya, pasti di benak peserta workshop lainnya pun demikian. Sekelebat kejadian selama workshop langsung melintas di pikiran saya (berasa jadi kaya di film-film deh ya..) Sebelum pulang ke rumah masing-masing pun kita melaksanakan dulu kewajiban (red: foto-foto) sampe gak itung deh berapa ratus kali kita foto-foto. Gak lupa juga foto bersama all-crew kelompok satu termasuk mentor (Bang Roland) dan LO (Cerysa) dan sebagai perempuan normal yang gak mau ninggalin kesempatan foto sama orang ganteng, maka saya pun foto berdua sama mentor tercinta, Roland Lagonda.

Pokoknya banyak terima kasih buat semua pihak yang udah mendukung acara ini. Khusunya untuk pihak dari Redaksi Trans7 dan Himpunan Mahasiswa Jurnalistik Unpad atas segala waktu, tempat dan pengalaman yang sungguh luar biasa. Terima kasih juga buat Cerysa yang udah mau jadi LO kami walaupun kami pasti banyak ngerepotin kamu hehe, makasih juga buat mentor yang sering ilang-ilangan, Bang Roland. Kami minta maaf juga atas hasil yang memang jauh dari kata sempurna, tapi percayalah bahwa semaksimal mungkin kami sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik dan semoga Bang Roland gak nyesel jadi mentor kami hehe. Buat kelompok satu, terima kasih atas waktu, kebersamaan dan kerja samanya selama dua hari berturut-turut, inget terus kata Bang Roland “keep and touch” semoga hubungan kita gak sekedar selama workshop berlangsung aja ya. Terakhir, terima kasih buat dulur ter-sayang Ardiansyah Putra (A Iyank) yang udah ngasih tau acara ini, udah nganter ke Jatinangor, nganter pulang ke Bandung malem-malem, udah ngeluarin duit buat bayar kosan (hahaha), pokoknya makasih udah mau di repotin. Love you a!!

Bagi saya workshop ini selain menambah pengalaman, menambah juga teman-teman baru dari berbagai kalangan dan kekeluargannya juga bener-bener kerasa apalagi setelah bareng-bareng melewati segala proses di dalamnya, gak heran deh banyak yang susah move-on dari acara workshop ini. Sekali lagi saya mengucapka banyak terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung, tanpa kalian mungkin semua ini tak ada artinya.

“Good job… Hasil akhir bukan tujuan utama tapi yang penting jangan lupa menikmati proses dan terus belajar…#bangga” –Roland Lagonda-


Foto ter-wajib sama mentor (yang katanya) paling ganteng. Roland Lagonda

I'll miss you guys!!

Tumbler (bukan) dari Trans7 bhaaak. Btw, thanks Fah tumbler limited editionnya!!

Oleh-oleh

Ardiansyah Putra (si dulur) yang udah mau di repotin. Nuhun!!

Oleh-oleh lagi. 

Komentar

  1. Seneng banget bacanya..
    Sampe ketawa ngakak sambil flashback..
    :))
    Good job shel.. :)

    BalasHapus
  2. waaah asik banget bisa workshop bareng trans 7 lngsung kaya gni. seru! iya mentorny ganteng ih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya alhamdulillah dapet bgt pengalamannya :)
      nah itu dia mentor yg sering ilang ilangan gara2 banyak yg minta foto! haaaha

      Hapus
  3. Setiap acara workshop tuh selalu menyenangkan ya.. Apalagi ada Roland Lagonda.. Duhhh, melted.. :"))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi yg bikin menyenangkan itu workshopnya atau Roland nya? hahaha

      Hapus
  4. Setiap acara workshop tuh selalu menyenangkan ya.. Apalagi ada Roland Lagonda.. Duhhh, melted.. :"))

    BalasHapus
  5. Setiap acara workshop tuh selalu menyenangkan ya.. Apalagi ada Roland Lagonda.. Duhhh, melted.. :"))

    BalasHapus
  6. waww keren seru banget workshopnya, ane juga mau jadi jurnalis :'D btw, kampus yang di jakarta udah pa blm yak? cus rumah ane di jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat yang di jakarta kurang tau sih hehe. Tapi kalo Depok udah tuh. Coba aja cek website trans7 nyaa

      Hapus
  7. Mentornya mirip gue yak *pecahin cermin*

    Kamu gemuk, Shel. #eh

    BalasHapus
  8. Diihh berasa kembar yang terpisah gitu? -_-

    ih makasih loh Firman, mau diet kok. Hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna