Langsung ke konten utama

Alamak Salah Angkot!



Satu minggu yang lalu gue pulang ke kota asal gue, kota termanis sejagat raya, Ciamis. Dan seperti biasa gue harus dua kali naik angkot dari kosan untuk sampai ke Stasiun Bandung, atau banyak dikenal juga dengan sebutan Stasiun Hall. Fyi, gue pulang bukan naik kereta ya,tapi naik mobil Elp gitu (bukan Ever lasting priend, kok) yang terminalnya ada dibelakang stasiun. Ngga butuh waktu lama, dengan dua kali naik angkot dan dalam 45 menit gue udah bisa sampai disana kalo jalanan gak macet. Tapi hari itu semuanya berbeda, bukan karena macet tapi entah berapa angkot yang gue naikin dan barulah dua jam kemudian gue sampai di Stasiun Hall. Semua malapetaka itu terjadi setelah dengan sadar gue salah naik angkot.

Ekspektasi : Kosan-Angkot Ciwaruga-Gerlong-Angkot Lembang-St.Hall-nyampe.
Realita : Kosan-Angkot Ciwaruga-Gerlong-Angkot Lembang-Ciroyom- Jalan kaki beratus-ratus meter-Angkot Margahayu-Ledeng (Kalo ga salah, gue lupa)-Jalan kaki bearatus-ratus meter lagi-Angkot Kalapa-Ledeng-Angkot Cimahi-St.Hall-Nyampe. Pusing ya? Apalagi gue, lelah adek bang ;(

Semua bermula dari sini, pas gue nyampe di pertigaan Gegerkalong gue langsung aja nyebrang jalan, dan dari arah Lembang udah terlihat angkot panjang berwarna putih tulang. Gue yakin banget itu angkot Lembang-St.Hall. Gue pun langsung melambai-lambaikan tangan khas orang yang mau naik angkot, pas udah deket baru kebaca tulisan di angkotnya. Lembang-Ciroyom. Tapi kaki gue tetap bergerak masuk ke dalam angkot. Pas duduk, gue mikir “Salah deh kayanya ini.” Tapi gue sama sekali gak bergeming.

Firman sampe nanya “Kamu udah berapa kali pulang sendirian sih? Sampe salah naik angkot gitu.” Ini emang bukan pertama kalinya gue pulang sendirian, gue udah hampir dua tahun kali hidup di Bandung, tapi entahlah kenapa hari itu kaki gue bisa salah melangkah.
Dan parahnya gue sadar kalo feeling gue bilang ini tuh salah naik angkot, tapi gak ada niat buat gue turun lagi, karena selain ketika kuis di kelas, dalam hal apapun feeling gue gak pernah tepat sasaran. Jadi gue yakin kalo feeling gue itu salah padahal udah jelas-jelas tuh angkot tulisannya Lembang-Ciroyom bukan Lembang-St. Hall. Stupid emang.

Tapi sepanjang jalan gue cemas, dan makin yakin kalo gue salah naik angkot, feeling gue kali ini kayanya bener deh. Setelah melawati Cihampelas Walking alias Ciwalk kita bakal nemu lampu merah dan kalo ga salah angkotnya bakal belok kanan, tapi ini ngga!!! Angkotnya lurus coy. Tapi waktu itu gue bener-bener lupa jalan. “Ini angkot emang lurus atau belok kanan ya harusnya?” Pikir gue dalam hati. Sumpah gue emang lemot banget kalo masalah ngapalin jalan. Jujur aja, dua tahun hidup di Bandung dan keitung sering keluar, gue sama sekali gak pernah hapal jalan.

Sampe tiba-tiba, disebuah pertigaan gue liat ada angkot Lembang-St.Hall belok kiri dan angkot yang gue tumpangi belok kanan. Fix! Salah naik angkot. Sebelum dibawa jauh dengan pasrah oleh si Mamang angkotnya gue langsung aja turun. Biar gak keliatan salah naik angkot, gue turun agak jauh dari pertigaan. Gak apa-apalah rela jalan-jalan dikit. Di pertigaan itu gue stay cool dengan Tupperware ditangan sambil nunggu angkot Lembang-St.Hall lewat. Lama dan panas banget. Gue nyebrang aja, terus jalan ke arah kanan yang tadi dilewatin angkotnya. Gue sering lewat jalan itu, tapi antara naik angkot, naik motor dan jalan kaki ditambah lagi dengan kelemahan gue dalam mengingat jalan semuanya terasa berbeda. Gue hilang arah. “Ini dimana Ya Tuhan?”

Gue nunggu angkot di depan Hotel California, gak lama kemudian datenglah angkot Lembang-St.Hall, tapi karena waktu itu posisinya gue ada di jalan sebelah kiri sedangkan angkotnya ada di jalan sebelah kanan pas gue ngeberentiin angkotnya, dia malah tetep jalan. “Mungkin gak keliatan sama Mamang angkotnya.” Kata gue dengan positif thinking. Tapi pas gue udah pindah ke jalan yang sebelah kanan angkotnya tetep aja nyuekin gue, gue mikir apa mungkin angkotnya gak naikin penumpang disini? Gue pasrah. Kaki gue mulai lemas. Gak tau harus gimana, gue jalan aja terus tanpa arah.
Di jalur kiri gue liat banyak angkot ngetem walaupun gak ada angkot yang menuju St.Hall. Tapi gue berniat untuk naik angkot itu aja. Terserah mau dibawa kemana, gue bener-bener udah pasrah. Gue nyebrang lagi, kaki gue udah lemes banget rasanya, pas nyebrang pun gue udah merasa hopeless banget. Tabrak aja om…tabrak aja. Tapi Alhamdulillah gue bisa nyebrang dengan selamat.

Gue naik angkot lagi, entah angkot jurusan apa dan gatau mau dibawa kemana hubungan kita. Ternyata angkot tersebut ngelewatin BEC, entah kenapa rasanya gue pengen turun aja tepat di pertigaan yang menuju BEC. Gue jalan lurus aja, nyamperin bapa-bapa yang dagang minuman gitu. Bukan untuk beli minum sih, gue cuma gak mau ngalamin yang namanya “malu bertanya sesat di jalan” aja. Gue tanya bapa-bapa paruh baya itu.

“Pa angkot yang ke Stasiun Hall lewat mana ya?” Tanya gue sedikit kenceng, jalanan emang lagi bising banget waktu itu.

“Apa? Stasiun Hall?” Tanya Bapa itu lagi. Nampaknya si Bapa gak tahu Stasiun Hall nih.

Gue pun membenarkan.

“Mmmhh…anu Pak, Stasiun Bandung.”

“Ooohhh, ini neng belok kanan aja.”

“Angkotnya apa Pak?”

“Banyak ko banyak.” Hmmm jawaban yang kurang memuaskan sih, soalnya gue cuma butuh tahu gue harus naik angkot apa untuk sampai ke Stasiun, atau mungkin pertanyaan guenya juga kali ya yang kurang efektif.
Tapi gue turitin aja apa kata Bapa pedagang minuman itu. Yaampun Pak, makasih udah ngasih sedikit pencerahan, semoga dagangannya laku ya, Pak!
Pas belok kanan sesuai arahan si Bapa, jalanannya tampak lengang banget. Cuma sedikit orang dan mobil yang berlalu-lalang. Tapi jalanan itu, bangunan itu tampak familiar bagi gue. Semakin deket semakin gue yakin kalo gue sering banget masuk ke gedung itu. Bandung Indah Plaza. Sempet shock sih tiba-tiba udah depan BIP aja. Padahal kan tadi emang gue turun di pertigaan yang arah ke BEC ya pasti deket BIP lah ya -_-
Dari sana gue memutuskan untuk naik Kalapa-Ledeng aja. Kalo naik itu artinya gue balik lagi ke Gerlong dan gue ngulang lagi dari awal biar jadi sesuai ekspektasi.

Gerlong-Angkot Lembang-St.Hall-Nyampe.

Ya meskipun harus muter lagi dan makan ongkos lagi. Padahal sih kalo gue ngerti jalan, gue dikit lagi nyampe ke Stasiun tuh. Pas naik angkot Kalapa-Ledeng, sebenernya gue bisa turun di Jl. Braga untuk nyampe ke Stasiun tapi ya gitu deh gue kan gak ngerti jalannya. Angkot yang gue tumpangi ini mulai lewat kawasan Babakan Ciamis, disana banyak angkot ngetem salah satunya ada angkot Gn.Batu-St.Hall gue pengen turun tapi gue bingung, gak enak sama Mamang angkotnya karena baru naik banget. Di perempatan Kimia Farma gue lihat petunjuk jalan kalo mau ke St. Hall itu belok kiri dan angkot ini belok kanan, yailah kan gue mau balik lagi ke Gerlong. Selain itu gue juga liat banyak angkot Lembang-St.Hall dari arah berlawanan. Baiklah gue memutuskan untuk turun aja. Maaf ya Mang Angkot!

Gue turun pas banget diperempatan. Gue bingung nyebrang nya gimana. Mobilnya gede-gede dan pada ngebut. Kaki gue juga lemez bnagetz pake z. Tapi kali ini gue gak nyebrang dengan pasrah sambil bilang “tabrak aja om..tabrak aja…” Gue cuma pengen cepet nyampe Stasiun. Serius ini udah lelah banget dan cuaca panas gilaaaaa. Gue jalan lagi entah berapa ratus meter, gak tau kenapa gue merasa males banget nyetop angkot Lembang-St.Hall yang padahal banyak banget yang lewat. Takutnya gue di cuekin lagi. Hufh, sedih. Tanpa sadar gue udah di depan RS. Mata Cicendo, udah lumayan deket Stasiun, ya kalo naik angkot sih, kalo jalan kaki? Jauuuhhhh. Gue lihat di depan sana ada taksi. Apa gue naik taksi aja? Enak kali, adem. Walapun harus bayar mahal gue gak peduli gue udah lelah banget. Tapi pikiran gue mulai meracau. Gue takut di culik sama Abang taksinya, gue kan bocah polos gini, takutnya Abang taksi nya pedopil. Serem kan.

Tapi tiba-tiba dari arah belakang ada suara “tit….tit…tiiiitt……” Hah? Titit? Oke maaf, salah fokus. Itu suara klakson. Siapa kira-kira yang ngelaksonin gue? Disaat seperti ini gue emang berharap banget ada pangeran berkuda yang nolongin gue terus jatuh cinta sama gue, tapi gue inget kalo kuda gak ada klaksonnya. Gue pun segera tersadar dari segala ke-tidak-fokusan-gue-ini. Ibarat gerakan slow-motion gue berbalik ke belakang lalu terdengar backsound lagu Naff-Akhirnya Ku Menemukanmu. Sinteron abis.
Gue liat ternyata itu angkot berwarna ijo jurusan Cimahi-St.Hall. Mata gue berbinar melihat tulisan St.Hall itu. Tanpa pikir panjang gue segera naik angkot tersebut. Gue memilih duduk di paling pojok, segera gue hempaskan pantat gue di kursi lalu menarik nafas panjang. Akhirnya…………….gue akan segera nyampe stasiun.

Tak lama, gue pun akhirnya sampe di tempat yang gue tuju sejak dua jam yang lalu. Gue pun inget kalo dari pagi gue belum makan sesuap pun. Jangankan makan, minum pun ngga sama sekali. Pantes aja kaki lemes banget.
Dengan kalapnya gue beli seporsi kupat tahu dan seporsi bubur kacang+roti yang langsung abis sekali kunyah. Kenyang banget.
Dan akhirnya gue bisa pulang ke Ciamis jam 12 siang, setelah nunggu lagi selama dua jam di Stasiun.

Ini adalah pengalaman pertama gue salah naik angkot di Bandung. Cape sih, tapi gue ambil hikmahnya aja. Elp yang mau gue tumpangi baru berangkat dari Stasiun jam 12, sedangkan kalo gue gak salah naik angkot jam 9 gue udah nyampe di Stasiun dan harus nunggu tiga jam, tapi gara-gara salah naik angkot gue cuma nunggu satu setengah jam aja, lumayan. Gara-gara salah naik angkot juga gue jadi punya bahan buat nulis di blog dengan cerita yang agak panjang.
Maka tulisan gue kali ini terlahir dari hikmah kesalahan gue naik angkot. Luar biasa, eh atau biasa aja ya? Tapi gue anggap ini luar biasa aja deh, biar wah gitu keliatannya.


Oke guys, sekian dulu ya cuap-cuapnya. Semoga diantara kalian yang pernah ngalamin kejadian kaya gue pada dapet hikmahnya juga yaaaa, hehehe.



Salam sayang,

Shela. 

Komentar

  1. hahaha, gokil. itung-itung keliling bandung lah :")
    salah naik kendaraan umum memang nggak enak,
    dulu gue pernah salah transit busway di harmoni. dan... berakhir dengan pulang naik taksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gak aneh sih, tapi gue berasa pengen nangis soalnya bener bener buta jalan hahaha. Tapi gpp, pengalaman kan :D

      Hapus
  2. Ngakak,wah itu lumayanlah buat pelajaran.
    kenapa gak telpon tmn aja '-'

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna