Langsung ke konten utama

N A R A Y A N A


Ini semua berawal dari sebuah keisengan gue, waktu itu abis camping di kiarapayung sama temen-temen dari jurusan, gue dapet info untuk jadi panitia PPKK atau yang di kenal banyak orang sih “ospek” buat jadi medis, timdis atau mentor. Awalnya gue sama sekali gak tertarik sedikit pun. Gue udah tau sih gossip nya itu pelatihannya satu bulan mana lagi bulan puasa dan lagi musim liburan juga. Males. Lagian gak ada dari tiap elemen itu yang cocok  sama passion gue. Tapi setelah di pikir-pikir lagi, gue ikutan aja ahh, penasaran sama interviewnya. For your information aja, di jurusan gue kalau mau jadi apa-apa mesti ikut interview dulu, mungkin biar ntar udah terbiasa kalau kita mau nyari kerja.

Ceritanya gue udah beres interview dan gue keterima di medis.

Jadi, hari itu Sabtu 12 Juli 2014 pertama kali pelatihan. Pertama kali gue bertemu dengan temen-temen Narayana, oke dulu belum punya nama, masih Tim Medis. Ada enam orang delegasi dari jurusan gue, dan  gue baru  tahu mereka semua kecuali Jevi sih temen sekelas gue, dan ya dia kan udah sering gue sebut namanya di setiap tulisan gue. Parah sih emang, satu gedung tapi baru tau setelah sama-sama ikut jadi panitia ppkk. FYI, PPKK itu singkatan dari Program Pengenalan Kehidupan Kampus.

Waktu itu kita semua masih jaim, termasuk guelah pasti. Mungkin sampai sekarang gue masih sedikit jaim, gak banyak yang tau kalau gue  adalah penulis alay yang kadang-kadang suka dirty-minded kecuali Jevi dan Jay tentunya, karena Jay emang orang pertama yang baca tulisan alay gueL Bukan perkara mudah sih bagi gue membuka diri sama orang baru, butuh waktu lama.

Awalnya masuk tim medis gue anggap sebagai iseng-iseng sial. Kenapa? Di bulan puasa, abis sahur gue udah harus mulai siap-siap buat pergi ke kampus, di kampus udah harus stand by jam 06.00. Dari situ hampir tiap  hari gue selalu ke kampus dan hampir enek sama baju putih. Sebenernya jadi tim medis bukan passion gue, gue suka mual kalo liat darah, gue suka bingung gimana ngadepin orang sakit, gue juga ngga peka, dan kadang-kadang gue egois gak peduli sama keadaan orang lain hehehe.

Sekitar dua minggu TOT atau pelatihan gue jadi dapet ilmu baru, ternyata emang bermanfaat banget masuk tim medis ini. Gue jadi gak perlu bingung ketika ngadepin orang sakit. Gue juga jadi lumayan deket sama anggotanya meskipun kadang-kadang masih sering lupa nama mereka. Tapi, gue yakin temen-temen tim medis ini nganggep gue pasti anak yang pendiem, entahlah guejuga suka ngerasa lebih bawel di tulisan, gue bingung ini kelebihan atau kekurangan.

Selama pelatihan, gue sama Jevi selalu nempel sampe-sampe Nafta bilang “dimana ada Jevi pasti ada Shela.” Nafta cuma salah satu orang yang bilang gitu, sebenernya masih banyak lagi yang bilang kaya gitu. Ya gimana sih gue sama Jevi sama-sama ansos dan yeah pikiran kita selalu “connect” hahahaha. Jevi aja sempet bilang “mungkin karena dari mereka gak se-connect kita jadi susah deketnya.” Hahahaha Jevi emang kampret.

Oiya setelah beberapa hari latihan, akhirnya tim medis punya nama sendiri, yaitu Narayana, diambil dari bahasa sansekerta yang artinya air (penyembuh). Tapi untuk pemilihan nama sendiri prosesnya cukup belibet juga sih, selain harus sesuai sama tema PPKK yang Indonesia banget, kita juga di kasih banyak rekomendasi yang sukses bikin bingung dan akhirnya karena terlalu banyak pilihan maka jalan terakhir adalah voting dan terpilih lah nama “Narayana”. Dan kami, Narayana. Punya jargon. Kuat! Tangguh! Sigap! Tanggap!

Hampir sebulan kita pelatihan, tiap pagi berangkat nyubuh terus. Hari terakhir pelatihan jam setengah lima malah udah harus ada di kampus. Pergi gelap pulang pun sudah gelap. Pernah waktu itu gue, Jevi dan Devi salah satu temen gue dari mentor berangkat bareng buat pelatihan sebelum subuh dari kosan, di jalan ketemu sama banyak panitia yang pergi pake motor dan bilang “duluan ya” sementara gue, Jevi dan Devi cuma bisa lari-lari sambil ngos-ngosan. Duh sakitnya tuh se-badan-badan tau gak. Pelatihan lagi, simulasi lagi. Gue gak ngerti tiap simulasi selalu banyak maba alias mahasiswa baru yang tumbang dan kita selalu kerepotan. Tapi kita tetep semangat, Narayana emang lah emang strong.

Dan PPKK pun tiba, jam 04.00 udah harus ada di kampus. Tiap hari bangun jam 03.00 dan mandi gak jelas ahh sebenernya itu gak layak di sebut mandi sih. Empat hari berturut-turut pake baju putih itu-itu aja, dari yang warnanya putih banget sampe berubah jadi warna krem. Ck. Selama pelatihan tenaga sih gak banyak di kuras cuma pas latgab doang sih tenaga lebih terkuras, tapi pas hari-H tenaga di kuras sampe kini hanya tinggal ekstraknya. Bayangin aja, tiap hari selama empat hari tiap pagi siang sampe sore Narayana harus tetep stand by di deket maba, takutnya ada yang sakit. Belum lagi kalo nge-border, bayangin aja nge-border 1.600 lebih maba yang datengnya itu terpisah-pisah, pegel bukan? Selalu siap berdiri juga di belakang para maba, mengawasi keadaan mereka apalagi maba yang sakit. Ngawasin juga di pendopo sambil terkantuk-kantuk dan jadi lebih sering rolling dari pada jaganya. Tapi ketika gak jaga malah ngerasa gak ada kerjaan, diem gak jelas di pinggir pendopo apalagi ya anak-anak lapangan yang pas simulasi di latgab kerepotan banget, tapi pas hari H di hari pertama kaya gabut banget.

Kini PPKK udah berakhir, gue bakal kangen sama masa-masa gabut pinggir pendopo, bakal kangen sama masa-masa panik ketika ngurusin maba yang sakit, kangen sama evaluasi sambil ngantuk gara-gara kecapean, kangen ketawa-ketawa sama temen-temen Narayana dan pasti kangen ngejargon. Mungkin baru selama 4 hari kebelakang itu gue baru ngerasa bener-bener deket sama anak-anak Narayana. Baru selama 4 hari kebelakang itu gue bisa tertawa terbahak-bahak sama temen-temen Narayana. Gue sempet nyesel, karena mungkin sedikit terlambat menyadari betapa senengnya gue ketika berada di samping mereka, nyesel karena baru sadar selama ini mereka yang selalu ada, yang tanpa sadar selalu bikin gue tersenyum disaat gue mulai lelah dan jenuh yang selalu sama-sama ngasih support untuk tetap semangat. Kita ini tim medis, yang gak boleh sakit, karena ingat tugas kita kawan, membantu mereka yang sakit untuk semangat kembali.

“Iseng-iseng sial” yang dulu sering gue ucapin seolah jadi cambuk buat diri gue sendiri, karena pada kenyataannya gak ada kesialan itu, justru kebahagian baru yang gue dapet. Beberapa hari lagi temen-temen Narayana mau pada naik gunung sekalian ngobatin rasa kangen kalian kumpul bareng kan? Tapi gue gak bisa ikut karena susah dapet izin dari jendral di rumah jadi saat ini, saat jari-jari gue begitu asyik menari-nari di atas keyboard adalah saat dimana gue lagi kangen sama kalian, tulisan ini gue dedikasikan untuk kalian teman-teman baru tercinta, untuk mengobati kerinduan gue akan masa-masa konyol bareng kalian. Mungkin saat bersama kalian gue terlalu banyak diam, tapi kali ini, lewat tulisan ini gue pengen bilang kalau gue sayang sama kalian sama Narayana. Maaf mungkin gue gak punya nyali bilang ini lewat kata-kata, maka biarkan tulisan ini  mewakili semuanya. Sekali lagi  gue bilang gue   sayang sama Narayana.

Dan yah gue punya quote bukan quote bikinan gue sih, tapi ini ungkapan dari salah satu anggota Narayana. Bisa jadi ungkapan untuk almamater kita tercinta, Polban.
“Yang menyatukan Narayana itu Polban. Tanpa Polban, aku tidak akan kenal kalian :*” Mungkin itu hanya terlihat tulisan yang biasa tapi maknanya lebih dari sekedar kata “biasa”.

Narayana….Kuat! Tangguh! Sigap! Tanggap!
Narayana….Kuat! Tangguh! Sigap! Tanggap!
Narayana….Kuat! Tangguh! Sigap! Tanggap!

Komentar

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna