Langsung ke konten utama

The Power Of Deadline

Kalo bicara soal deadline tentunya ini gak jauh-jauh dari waktu. Waktu, sesuatu yang sangat berharga dan gak akan bisa diulang kembali. Ibarat sejarah, hanya terjadi sekali seumur hidup. Waktu pun tidak pernah berhenti, terus berjalan seirama dengan kehidupan kita. Tapi waktu juga sangat terbatas, hanya 24 jam. Setelah pagi akan ada siang, kemudian datang sore hari lalu datanglah malam dan kembali pagi. Terus saja berputar seperti itu. Dan sebagai seorang mahasiswa yang selalu bertemankan tugas tiap malam, waktu 24 jam itu terasa kurang. Semester kemarin gue rasain banget kaya gitu….

Tiap hari selalu di kejar-kejar deadline tugas yang melambai-lambai terus, dan waktu 24 jam itu terasa kurang banget buat gue, temen-temen gue pun merasakan hal yang sama. Masalahnya gue gak suka gadang, soalnya kalo ngerjain tugas sambil dagang tuh bikin gak konsen kaya kalian sekarang yang gak menyadari kata sebelumnya adalah “dagang” bukan “gadang” dan kalian baca ulang dan meskipun kalian sadar sama kata sebelumnya kalian tetep baca ulang dan langsung bilang “Sial!” . Oke balik lagi ke masalah gadang, saat nugas sambil gadang tuh ngantuk sih pasti, dan buat ngalihin biar gak ngantuk itu pasti log in dunia maya, setelah log in, ngantuk pun hilang tapi jadi keasyikan dan tugas pun terbengkalai, nah makannya sebisa mungkin gue menghindari begadang demi nugas. Lagipula gue bukan anak teknik yang katanya udah keren dan “anak teknik banget” kalo begadang, atau bahkan gak tidur sama sekali demi tugas. Buat gue keren itu bukan nugas sampe begadang atau bahkan gak tidur tapi ngerjain tugas dengan tenang dan beres tepat waktu tanpa harus begadang baru keren. Artinya orang itu bener-bener memanfaatkan waktu yang ada. Di sini gue bukan bermaksud nyindir anak teknik yang suka gadang demi tugas karena gue pun gak sedetail mungkin tau tugas dan kesibukannya anak teknik, bahkan gue pun gak selalu mengerjakan tugas dengan tenang, yang ada selalu keburu-buru karena dikerjar si Deadline itu. Artinya gue belum keren dan masih belum bisa memanfaatkan waktu yang ada. Karena bagi gue, gadang itu hanya dilakuin saat nginep sama temen sambil curhat-curhat unyu sampai subuh. Gak ada tuh yang namanya gadang demi tugas.

Untuk melakukan atau memperoleh sesuatu itu mungkin perlu ada salah satu yang harus di korbankan seperti sebagian orang yang merelakan waktu tidurnya demi tugas, dan mungkin sedikit orang yang seperti gue merelakan waktu kuliah demi tugas. Semester kemarin gue sampe rela beberapa kali gak masuk kuliah cuma demi deadline tugas. Mungkin yang gue lakuin ini lebih parah dan lebih gak keren dari sekedar ngerelain waktu tidur, tapi gue gak bisa relain waktu tidur gue cuma karena tugas jadi mending gue relain waktu kuliah gue aja, hehehehe.  Tapi kalo gue bisa memanfaatkan waktu dengan baik mungkin gak perlu ngerelain apa-apa sih ya. Sebenernya gue ini type orang yang kalo ngerjain tugas itu gak bisa di cicil, harus sekali jadi. Kalo di cicil gue malah suka lupa-lupa ingat, kalo sekali jadi biasanya otak gue bekerja lebih cepet tapi jadi lebih cepet cape juga. Semuanya jadi serba salaaahhh, eh tiba-tiba ada Raisa nyanyi, tuh.

Guemasih bingung kenapa ngerjain tugas selalu aja keteteran padahal tiap mau nugas atau mau belajar juga gue selalu memperkirakan lamanya waktu baik-baik supaya jadwal nugas dan belajar gue gak acak-acakan. Gue selalu nentuin waktu belajar atau nugas itu mau mulai jam berapa dan beres jam berapa. Kadang, kalo lagi weekend dan gak ada kerjaan gue suka bete sendiri kalo gak ngerjain sesuatu tuh, minimal gue udah ngerjain tugas lah, karena tiap weekend sudah mau berkahir itu selalu ada pertanyaan dari gue buat gue “Udah ngerjain apa aja hari ini?” Gue suka nyesek sendiri kalo weekend yang gue laluin hanya sekedar tidur-tidur unyu di kasur, yang kalo keluar kamar tuh cuma buat pup doang. Pokoknya prinsip gue nih kalo ada weekend setidaknya ada tugas yang harus gue kerjain. Gue tahu dengan jelas bahwa weekend itu adalah waktunya kita para pejuang tugas untuk hibernasi dan bales dendam karena dikelas gak bisa tidur. Tapi bukan berarti kita harus tidur terus sepanjang hari kan? Ya walaupun gak nugas, setidaknya gue nyetrika baju kek walaupun setrikan gue di nilai C yang penting gue nyetrika sendiri dan gak nyuruh-nyuruh orang hahaha, atau nyuci baju lah, nyuci piring, ngepel kosan. Apapun itu pokoknya lebih bermanfaat dari sekedar gak move on dari kasur.

Ada yang bilang kalo ngerjain tugas itu mending h-1 atau h-beberapa jam biar otaknya encer dan tugas cepet selesei (gue juga termasuk). Iya sih otak encer tapi dari yang namanya ‘The Power Of Kepepet’ itu hasilnya gak akan maksimal, tugas yang kita kerjain itu sekedar asal-asalan soalnya keburu-buru, terlalu dikejar waktu. Dan ini kejadian tadi banget, bikin prensentasi. Gue sama kelompok gue emang udah bikin sebagian sih dari seminggu yang lalu dan baru bener-bener diberesin h-beberapa menit prensentasi. Tadi tuh yang harusnya merhatiin kelompok lain presentasi kita malah sibuk nyari materi yang belum lengkap dan koneksi internet lagi gak bersabahat banget. Mati deh!!! Selain sibuk nyari materi kita juga sibuk bagi-bagi tugas, siapa pembuka, siapa yang bahas ini, bahas itu. Pokoknya semuanya dilakuin serba h-beberapa menit presentasi. Alhasil pas kelompok kita maju kita baru menyadari banyak banget kekurangan dari materi yang kita sampaikan, bahkan kalimat-kalimat yang ada di materi kita tuh rancu banget, hasil google translate pisan lah. Nah begitulah akibatnya jika kita ngerjain tugas terlalu mepet.

Makannya mulai sekarang gue udah belajar ngerjain tugas lebih dari h-1, belajar nyicil-nyicil tugas biar otak gue gak cape. Jangan pacar terus yang di sayang, sayangi juga diri sendiri. Jangan kesehatan pacar terus yang diperhatiin, perhatiin juga kesehatan diri sendiri. Tulisan ini sebenernya kaya jadi tamparan buat diri gue sendiri, ketika kemarin gue nulis di prayogash.blogspot.com dan bilang bahwa gue sangat menghargai waktu kalo gue lagi bareng pacar, bener-bener quality time. Harusnya quality time itu jangan sama pacar terus tapi juga sama tugas. Selama nugas harus bisa sebisa mungkin jauh dari handphone tapi susaaaahhhh. Untuk menit-menit pertama bisa sukses tanpa buka handphone tapi menit-menit selanjutnya buka handphone lalu lama lagi ngerjain tugasnya. Gatau deh ini tangan gatel banget buat gak megang handphone. Padahal apa sih buka handphone juga, cuma liat-liat isi bbm yang gak seberapa penting, liat-liat tweet orang berseliweran atau liat-liat foto orang di timeline Instagram, sebenernya semua gak penting dan buang-buang waktu aja.

Lewat tulisan ini gue berusaha untuk mengingatkan diri gue sendiri, juga temen-temen semuanya bahwa sebisa mungkin kita harus belajar menghargai dan memanfaatkan waktu yang ada apalagi dalam hal mengerjakan tugas, karena yang namanya mahasiswa dan tugas itu kan sangat akrab, dan kebanyakan mahasiswa selalu mengeluh kalo udah banyak tugas. Makannya tugas itu jangan dijadiin musuh, tugas itu kan sebenernya sahabat mahasiswa yang selalu ada setiap saat. Mari kita berkawan dengan baik bersama para tugas ini. Dan jangan pernah jadiin tugas sebagai beban tuh meskipun terkadang gue selalu menganggap tugas-tugas itu adalah beban yang berat buat dipikul, tugas-tugas itu cukup kita jalani dengan ikhlas, lambat laun akan berakhir ko. Kita pasti bisa ngerjain tugas sesuai deadline. Dan usahain jangan sampe gadang demi ngerjain tugas, tapi buat kalian yang memang gak ada pilihan lain selain gadang usahain tetep jaga kesehatan kalian ya, makan makanan yang menyehatkan, banyak minum air putih biar seger, dan pastikan tetep kena sinar matahari pagi demi kesehatan tulang biar dapet vitamin D dan terbebas dari penyakit osteoporosis.

Sesungguhnya lari-lari ngejar waktu lebih cape dari sekadar lari dari kenyataan. Gak Cuma fisik yang cape, batin juga. Yuk yang sekarang punya tugas cepet-cepet kerjain yaaa!

Bersama waktu yang tak pernah berhenti

Shela NG

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna