Langsung ke konten utama

Manis Pait Tukang Jarkom


Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu.
Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak?
Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas kan berkaitan sama komunikasi dengan orang banyak. Gitu.

Nah disini gue pengen berbagi cerita tentang manis paitnya jadi jarkom-ers. Oke-oke gue emang gak pengalaman jadi tukang jarkom tapi gue pengalaman gimana rasanya sms panjang lebar tapi di bales singkat atau gak di bales sama sekali, sama aja kan?
Coba gue mau tanya sama kalian nih ya. Pernah gak –pasti pernah deh- kalian kirim chat atau sms panjang lebar tapi gak di bales atau di balesnya singkat doang, atau sama sekali gak di read –kalo via line atau bbm ya- atau gak di read tapi ganti display picture dan bikin personal message? Sakitnya tuh di….jempol :’) Tapi kalian yang pernah ngalamin hal semacam itu harusnya belajar dari tukang jarkom, mereka udah kebal digituin. Right?

Tapi gak munafik deh ya sebenernya tukang jarkom pun punya se-gede-upil harapan untuk di bales sms-nya. Sekedar bilang “oke”, “siap”, “makasih infonya”, ya itu udah jadi kebanggaan sendiri buat si tukang jarkom itu. Kalian harus tahu yang dibutuhin tukang jarkom tuh cuma satu ko. Iya cuma satu. Cuma sekedar “Konfirmasi”. Iya konfirmasi. “Konfirmasi yaaa..” Biasanya itu kalimat terakhir sebuah jarkom-an. Tapi yang dapet smsnya gak pernah konfirmasi dan mengabaikan jarkoman. Padahal kalo ngetik jarkoman di handphone tuh bisa sampe dua layar bahkan lebih tapi ya gitu gak ada yang ngerespon. Sakitnya tuh….di pulsa :’). Kalo Raisa bilang “apalah arti aku menunggu bila kamu tak cinta lagiii~” Tapi tukang jarkom bilang “Apalah arti aku ngejarkom bila kamu gak konfiiiirrmasiiiii~”

Sebenernya orang yang nge-jarkom tuh sama nasibnya kaya orang yang udah nembak tapi gak dikasih jawaban atau kaya orang yang digantungin pacar, butuh kepastian. Right?
Tapi lebih sakit kalo ngejarkom via line, yang tukang jarkom cuma dapet tuh hanya “Read by 20” Udah gitu aja. Giliran nge-bahas liburan aja line-nya rame tapi nge-jarkom buat kumpul cuma read doang. Huuffffff.
Suka serba salah juga jadi tukang jarkom, mereka kan cuma menyampaikan informasi dari sang atasan tapi kadang-kadang yang nerima jarkoman tuh suka gak mau ngerti ketika si jarkom-ers  menyampaikan info ada kumpul di waktu yang ada acara. “Ih kok ngedadak sih infonya, tanggal segitu ada acara tau!!!!” Konfirmasi sih konfirmasi tapi ngga gitu juga keleeesssss. Selain itu kalo tukang jarkom nanya gini:
“Sok kalian ada waktu kapan? Biar bisa pada kumpul semua..”

Terus  ada yang jawab “aku sih terserah, mau kapanpun juga…”

Maka si tukang jarkom pun menetukan waktunya “Gimana kalo tanggal segini jam segini disini..”

Dan di bales “aku kayaknya gak bisa kalo hari itu…”

“…………………….” Katanya terserah tapi…….ya gitu deh bikin asdfghjkl.

Tapi lebih parah kalo si jarkom-ers salah menginfokan waktu atau tempat kumpul, ya misalnya ada miskom sama atasannya gitu. Enggeus we tukang jarkom yang di salahin. Udah cape ngetik panjang, gak ada konfirmasi di salahin pula. Sedih ya? Emang.
Kalo ada orang bilang “mending gak usah di bales deh kalo ngebales aja singkat gini!” Ah –menurut pendapat gue sih-  itu bohong deh, itu cuma wacana gaiisss. Gue yakin orang yang udah sms atau chat panjang lebar gitu butuh di bales. Butuh banget. Bahkan balesan singkat kaya “oke” “siap” “makasih” “sip” itu tuh berarti banget coba, ya seengganya ada usaha buat nge-respon gitu. Atau kalo mau yang panjang bisa di bales “ooooooooohhhhhhhhh okeeeeeee siaaaaappppp makasiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhh yaaaaaaaaaaaaaaaaa.” Ini keliatan kok usahanya. 

Tapi disini juga ada beberapa alasan kenapa yang dapet jarkom gak konfirmasi, misalnya;

·         Gak ada pulsa, jelas lah ini mah udah gak bisa apa-apa, mau buka dunia maya pun gak bisa.
·         Gak tahu, misalnya orang yang dapet jarkoman itu masih bingung bisa dateng atau ngga di waktu yang udah di tentukan itu.
·        Gak ada temen, ini sih biasanya terjadi sama orang yang “ikutan temen aja.” Dia gak konfirmasi dulu takutnya temennya gak ikut nanti dia takut gak ada temen. Dan ternyata temennya ikut, dia pun ikut tapi akhirnya dia gak dapet tebengan. Maka si tukang jarkom bakal bilang “Kamu kan gak konfirmasi, jadi aku gak memperhitungkan tebengan buat kamu.” Dan sepertinya disini si jarkom-ers merasa menang *evillaugh*
·         Males ikut acara. Nah ini dia nih alasan utama yang dapet jarkom gak konfirmasi, udah pasti dia males dan gak mau ikutan, jadi udah we diantepin jarkomannya.

     Jadi begitulah sedikit cerita gue tentang nasib tukang jarkom. Disini gue gak menyudutkan salah satu pihak sih, gue cuma mengutarakan pendapat dan apa yang gue tahu dan gue percaya gak semua diantara kalian sependapat sama gue, kalian..kita..punya pendapat masing-masing. Right?

Salam ketjupmandja :*

Komentar

  1. Sigana orang nu pertama komen :P PERTAMAXXX

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah berbagai pengalamannya sebagai jarkoman kak ^_^ sangat membantu sekali untuk saya yang sedang belajar jadi jarkom di organisasi kampus..hihihi visit tulisan saya juga ya kak mengenai berbagai format contoh jarkoman

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah akhiirnya ada juga web yang mengupas mengenai Jarkoman, oia saya juga menemukan literasi lainnya mengenai definisi dari apa itu jarkoman. Semoga bisa membantu buat menambah referensi kakak juga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna