Langsung ke konten utama

Ekspektasi VS Realita

Ah hai! Semoga gak bosen, gue nongol lagi, gue nulis lagi. Maafin atuh da sayang kalo inspirasi ga tersalurkan hehe. Btw, gue mau curhat dulu. Ini hari Minggu yang diluar ekspektasi gue banget. Harusnya hari Minggu ini gue terbebas dari beban UTS, harusnya Minggu ini gue lagi santei-santei cantik, harusnya Minggu ini gue lagi hangout sendirian ngabisin duit sesuai rencana Minggu lalu sama partner Jevi Santosa. Tapi…realitanya, gue diem dikosan, baca wattpad, online lalu update gak jelas dan yang paling fatal gue belajar woiii buat UTS susulan, empat mata kuliah pula. Kalo dalam sistem hukum perjanjian bisnis, gue ngalamin yang namanya overmacht dimana sesuatu terjadi diluar dugaan gue. Gue sakit, tepar maksimal jadi gak ikut UTS, dan mesti ikut susulan yang ngerusak hari Minggu gue ini. Tapi gue juga sebenernya lebih seneng diem sendirian di kosan, ngelakuin hal-hal gak jelas sambil guling-guling diatas kasur karena bagi gue “me time is better than hangout”  plus bebas nugas dan belajar hehehe.

Udah ah curhatnya, mari kita bahas tema tulisan gue kali ini, yang sebenernya gak jauh-jauh dari tema curhatan gue diatas. Ekspektasi VS Realita. Emang susah ketika Ekspektasi sama Realita gak pernah sejalan.

Ekspektasi      : Hari ini gue mau ngerjain tugas, berarti modem harus dipaketin buat
                      nyari   bahan.

Realita        : Online, nugasnya ntar aja ah, masih banyak waktu, tapi akhirnya keteteran.

Ekspektasi      : Harus bangun pagi. Set alarm.

Realita            : Alarm bunyi. Matiin, lalu kesiangan.

Ekspektasi      : Nanti ah belajarnya abis Subuh aja, biar adem dan gampang masuk.

Realita            : Abis Subuh tidur lagi.

Ekspektasi      : Im single Im very happy.

Realita            : Im single Im very envy.

Ekspektasi      : Diet!!!!!

Realita            : Laper, makan lagi makan dulu makan terus.

Ekspektasi      : Move on!

Realita            : Kangen mantan :( 

Masih banyak deh ekspektasi-ekspektasi yang kalian juga sering buat, yakan? Sebenernya  gak salah sih kita berekspektasi tapi yang jadi pertanyaannya siapa yang salah ketika ekspektasi ga sesuai realita? Kalo berdasarkan contoh yang gue kasih diatas ya, itu murni kita yang salah, bukan waktu bukan juga keadaan. Ini masalah niat, niat kita yang gak bener jadi semua ekspektasi ga sesuai dengan realita.
Tapi ada lagi nih ekspektasi yang gak beda jauh sama harapan palsu. Ketika kita mau belanja dan udah ngebayangin apa aja yang bakal dibeli sama kita, tapi pas liat dompet……ah ada ATM ko tenang. Pergilah kita ke ATM pas mau buka pintu ATM ada tulisan “Maaf untuk sementara ATM tidak bisa digunakan.” Langsung nangis kejer, koprol di tengah jalan #gagalshopping #gagalhedon #gagalbahagia. Gue juga pernah ya dikasih tugas sama salah satu dosen mata kuliah umum nyari contoh kalimat majemuk dikoran dengan contoh “Ibu sedang memasak didapur dan ayah mencuci motor.” Tapi yang jadi masalah, dikoran itu gak ada ibu memasak apalagi ayah nyuci motor, gak ada kalimat sesederhana itu. Suka baca koran? Tau sendiri kan gimana panjangnya kalimat yang ada di koran tuh, yang ada malah gini “Menurut kepala desa setempat, warga desa tersebut tidak pernah menaruh rasa curiga pada tersangka karena dia terlihat baik-baik saja baik di keluarganya maupun dengan lingkungan masyarakat desa.” Iya gak ada ibu yang masak gak ada pula ayah yang nyuci motor. Ekspektasi selalu berlawanan dengan realita.

Kemarin juga, gue taruhan bola sama pacar, sumpah gue yakin banget Persipura yang bakal menang hehe ya jadi gue megang Persipura eh taunya Persib yang menang. Jadilah gue kalah taruhan, nerima kenyataan muka gue dilumurin telor yang baunya itu ya pasti ga nahan banget. Padahal udah ngebayangin gue yang menang, si doi yang kena telor gue video-in pas muka dia lagi dilumurin telor terus gue upload instagram, gue ketawain sepuas-puasnya tapi kenyataannya itu cuma ekspektasi yang tak kunjung bahkan gak bakal jadi nyata. Hiks ya!
Oiya selain eurofia #PersibJUARA kemarin ada juga euforia balikannya Rangga sama Cinta, gue langsung niat buat nulis yang temanya tentang Rangga sama Cinta tapi sekali lagi itu cuma ekspektasi, gue udah nulis sih dapet dua lembar tapi inspirasi tiba-tiba buntu dan akhirnya gue malah nulis tentang Ekspektasi VS Realita ini. Bahkan tulisan ini pun berasal dari ekspektasi yang gak sesuai dengan realita. Cakep!
Sebenernya bisa aja sih gue nulis lagi tentang Rangga sama Cinta balikan tapi pasti basi! Madingnya udah mau terbit! (Yang udah nonton AADC versi 2002 pasti ngerti).

Dan lagi…tentang ekspektasi vs realita yang gak pernah sejalan. Gue kan sering main dare sama temen gue, ituloh ngelakuin tantangan gitu, lawannya truth pasti ngerti lah yang sering main truth or dare mah. Jadi gini gue di tantangin sama temen gue buat minjem sepatu maba (mahasiswa baru) terus langsung minta di fotoin dan sepatunya harus kebawa. Dalam ekspektasi sih gampang “elah minjem sepatu doang.” Tapi realita? Bayangin aja, kalian minjem sepatu orang terus minta di fotoin, sumpah harga diri man! Dan serius itu susah banget….Tapi yang lebih parah ketika gue ditantangin buat jadi tukang parkir di mini market. Cuma markirin tiga motor doang sih dan cuma bantu ngedorong doang. Iya dalam ekspektasi mah “just” tapi realita? “hard”.

Jadi sebenernya ekspektasi itu gak beda jauh sama harapan kosong. Harapan kosong gak melulu tentang kamu yang selalu diperhatin dia, tentang kamu yang dimarah imutin sama dia ketika susah makan, tentang kamu yang selalu diucapin selamat pagi sampe malem sama dia, tentang kamu yang selalu jadi orang pertama yang dia inget pas bangun tidur, tentang kamu yang selalu di puja-puji sama dia tapi semuanya sia-sia karena dia pergi gitu aja bahkan jadian sama yang lainnya. Itu harapan kosong yang ribet. Harapan kosong cukup ekspektasi dan realita yang gak sejalan, gak sesuai, gak selaras. Sederhana.

Oiya sebagai orang dengan darah Sunda tulen, gue ngerasa bersalah belum say congrats buat Persib yang akhirnya bisa dapet gelar juara setelah 19 tahun. Cie selamat ya! Persib aja butuh penantian 19 tahun buat jadi juara lagi, Rangga sama Cinta juga butuh waktu 12 tahun buat bisa balikan bahkan Tulus aja mau menanti 1000 tahun lamanya! Jadi buat kalian-kalian yang masih waiting list harap sabar ya, selama itu belum 12 tahun, 19 tahun atau bahkan 1000 tahun dan gue juga gak ngerti kenapa tiba-tiba jadi ngomong ngalor-ngidul gini padahal tadinya mau closhing tulisan eh malah ngomongin Persib sampe ngomongin Tulus, emang mereka siapa? Teuing ah :(

Jadi sekali lagi ekspektasi sama realita sulit banget buat sejalan, bahkan sampe ending dari tulisan ini pun gak sesuai ekspektasi. Yaudahlah ya bhay!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna