Langsung ke konten utama

Jalanin Dulu Aja Ya!


Sabtu malam ini –oke ralat, sabtu malam hanya bahasa para joms- Malam minggu ini adalah malam yang di nanti-nanti oleh Joko. Mengapa tidak? Malam ini Joko ngajak Siti kencan. Setelah satu bulan deket, ini adalah pertama kalinya Joko kencan sama Siti, rencananya Joko bakal nembak Siti di salah satu café gitu deh. Cieee Joko mau nembak Siti ciee, kamu kapan nembak aku? –oke abaikan- Joko rasa satu bulan adalah waktu pe-de-ka-te yang cukup dan Joko juga udah ngerasa kalo Siti udah ngerespon dia. Well..ini waktunya Joko buat ngutarain semua perasaannya sama Siti. Awalnya emang butuh perjuangan bagi Joko buat deket sama Siti, Siti ini orangnya cuek dan gosipnya dia udah lamaaaaa banget jomblo jadi suka risih gitu kalo ada yang ngedeketin dengan tujuan mau macarin. Sebenernya Siti cukup welcome sih pas awal-awal Joko deketin cuma ya gitu deh rada cuek, jadi Joko pun harus mikir extra biar bisa dapet perhatian yang lebih dari Siti, maka sebelum Siti yang ngasih perhatian lebih sama Joko, Joko udah mulai duluan care sama Siti. Tiap hari Joko gak pernah lupa ngucapin selamat pagi, siang sampe malem. Biar Siti gak perlu repot-repot ke alfamart atau indomart buat sekedar dapet ucapan selamat dalam waktu, soalnya Joko sering banget tuh liat Siti masuk ke mini market-mini market tersebut. Joko yakin Siti pasti butuh banget buat di ucapain selamat pagi, siang atau malem. Terbukti dari betapa seringnya Joko ngasih perhatian ke Siti akhirnya Siti juga mulai nge-respon dan mereka makin deket. Tiap ketemu di kantin sekolah mereka gak pernah gak lirik-lirikan, ke sekolah pun hampir selalu bareng. Bahkan sampe kalimat “aku kangen sama kamu deh.” “ih kamu keren pake baju itu.” “kamu deket banget ya sama cewek itu?” kamu pengertian banget” atau emot-emot semacam “(())” “:3” “:*” udah gak aneh lagi bagi mereka. Yeah cewek emang paling luluh kalo udah di kasih perhatian ya.

Joko udah siap buat jemput Siti tapi dia agak kecewa juga sih soalnya motornya di pake sama adeknya yang juga mau malem mingguan, sebenernya masih ada elang di kandang tapi dia bingung, di rumah Siti gak ada parkir buat elang. Akhirnya Joko pun memutuskan buat nyewa becak, mmhh biar lebih so sweet kali ya pake becak aja deh :3

Ternyata Siti udah siap depan rumah nungguin Joko dia sedikit kaget sih liat Joko dateng naik becak.

“Duh Ti maaf ya lama tadi macet trus maaf juga aku pake becak soalnya motor aku gak ada.”

“Iya ga apa-apa kok, selama apapun itu kalo nungguin kamu mah gak kerasa, naik becak lebih bagus deh Jok, so sweet.” 
Itu jawaban Siti, biasalah jawaban klasik pas pe-de-ka-te. Kebayang gak sih kalo mereka udah jadian pasti jawaban Siti bakal kayak gini “Ih lama banget sih gue akaran nih nungguin mana pake becak lagi ih males banget! 
Singkat cerita mereka udah di café dan ini udah saatnya untuk Joko bilang semua perasaannya sama Siti.

“Ti..aku yakin lah you-know-what-i-feel. Mmmhh jadi gini aku udah lama banget nyimpen perasaan ini sama kamu dan sekarang udah saatnya aku bilang semua aku udah gak bisa nunggu lama lagi Ti, jadi kamu mau gak pacaran sama aku?”

Cewek namanya di tembak pasti seneng deh, PASTI –sengaja di capslock biar yakin- meskipun dia ga punya perasaan sama cowok yang nembak seenganya dia ngerasa bangga lah sebagai cewek ada yang nembak hahahaha, dan itu juga yang terjadi sama Siti. Mukanya Siti udah merah membara gitu tuh udah sama kaya kepiting rebus. Merah..panas…

“Ti kok diem aja sih, jawab dong Ti….” Rengek Joko.

“Eh iya Jok, mmhh maaf. Aku..aku..eh kita gini aja deh, jalanin dulu aja ya hubungan kita yang kaya gini kan gak tahu ntar kedepannya bakal kayak gimana kan.”

Oke jalanin dulu aja ya..jalanin dulu aja ya..jalanin dulu aja ya…. Jawaban macam itu?!!! Sebenernya yang Joko mau kan jawaban iya atau ngga. Meskipun jawaban Siti ngga tapi kan itu jelas itu pasti. Nah ini jalanin dulu aja ya.. itu kan gantung banget gitu.
Setelah malam Minggu yang yeah cukup kelam bagi Joko hubungan dia sama Siti masih sama seperti dulu. Siti masih sering bilang kangen kalo seharian gak ketemu sama Joko, Siti juga suka cemburu kalo Joko deket-deket sama cewek lain. Tapi ya ini tuh yang bikin Joko greget, mereka kan masih belum ada hubungan yang pasti *soundtrack* Mau dibawa kemana hubungan kitaaaaa jika kau terus menunda-nunda dan tak pernah nyatakan cinta…mau di bawa kemanaaaa~
***
“Jalanin dulu aja ya!” Hayooo pernah gak ketika elo di tembak dan itu adalah jawaban yang keluar dari mulut elo? Hayo ngaku! Hahahaha.
Orang -biasanya cewek yang udah di tembak- kadang kalo udah ngerasa nyaman sama lawan jenisnya tapi gak mau jadi pacarnya dan gak mau kehilangan setelah di tolak atau belum yakin sama si doi ya itu jawaban yang keluarnya “jalanin dulu aja ya” bener kata Joko itu tuh jawaban yang gantung banget! gak jelas! padahal orang yang udah nembak dan minta kepastian kan cuma butuh satu jawaban iya atau ngga dan orang yang udah nembak itu butuh banget kepastian gaiiissss, bukan udah nembak tapi malah digantung. Belum jadian aja udah di gantung apalagi udah jadian coba, duuhhh…Kecuali kalo niatnya emang mau ngutarain perasaan doang tanpa minta jawaban. Tapi kalo kasus Joko ini beda, dia minta jawaban. Oke tadi jawaban Siti “jalanin dulu aja ya hubungan kita yang kaya gini kan gak tahu ntar kedepannya bakal kayak gimana kan.” Justru dengan ngasih jawaban jalanan dulu aja ya makin gak tahu dan makin gak jelas kedepannya bakal kayak apa dan kayak gimana. Bener gak gais?

Menurut gue sih jawaban jalanin dulu aja ya adalah penolakan secara halus, karena kebanyakan orang –biasanya cewek- ya gak tega untuk nolak secara blak-blakan, cewek hatinya lebih lembut gais. Tapi sayang karena kelembutan dari jawaban penolakan yang secara halus itu justru malah menimbulkan sebuah harapan. Harapan palsu. Kenapa bisa harapan palsu? Karena si orang yang udah nembak pasti ngarep si target bakal nerima dia suatu saat sementara disisi lain si target masih belum siap buat buka hati atau pacaran dan hubungan mereka tetep aja gak jelas mau dibawa kemana.
Banyak cewek yang bilang kalo cowok itu tukang PHP –Pemberi Harapan Palsu- tapi gimana dengan cewek yang ngasih jawaban jalanin dulu aja ya itu juga masuk harapan palsu loh! Cuma cewek ini emang suka manja, dikit-dikit di update di medsos sih. Ngerasa sakit hati, ngerasa di PHP-in pasti di update. Jadi kesannya emang cewek yang suka di sakitin dan di PHP-in sedangkan cowok yang nyakitin dan suka nge-PHP-in. Padahal nih yaa cowok juga pasti pernah lah ngerasa sakit hati atau di-PHP-in tapi mereka itu gak manja dan dikit-dikit di upadate di medsos. Oiya jadi inget masalah gak bisa move on nih, kesannya emang cewek yang suka keliatan gak bisa atau susah move on, karena seperti yang gue bilang cewek ini dikit-dikit di update padahal banyak kok cowok yang susah atau gak bisa move on tapi cowok tuh gak pernah aja nunjukin, jadi sebenernya mau cewek atau cowok ya sama aja. Sama-sama rapuh kalo masalah perasaan :p
Oke balik ke topic yeee…

Hubungan jalanin-dulu-aja-ya ini bisa menimbulkan suatu perasaan semacam tidak memiliki tapi takut kehilangan, semacam tidak ada status tapi merakasan kecemburuan. Bener gak? Iya banget! Serba salah sih, ketika dia pergi pengen banget kita nahan, tapi siapa kita sih? pacar juga bukan. Dia deket sama orang lain kita pasti kecewa, marah tapi siapa kita sih? pacar juga bukan. Gak enak banget nih orang-orang yang dapet jawaban jalanin dulu aja ya.

Tapi gue masih gak ngerti kenapa masih ada orang yang nerima di kasih jawaban JDAY –gue pegel ngetiknya jadi disingkat aja biar cepet- sekali lagi ya gue kasih tahu deh JDAY itu pemberian harapan palsu dan penolakan secara halus, jadi gue mohon jangan terjebak di dalemnya. Alih-alih menjalani hubungan tanpa status tidak akan membuat hubungan ini bertahan lama, tetap saja pada akhirnya kalian butuh kepastian kan apaalgi sejak awal kalian sudah meminta jawaban kan “mau gak jadi pacar aku?” dan ya kalian para korban hubungan ini harus rela di gantung sebelum bener-bener jadian! Kecuali kalo kalian nerima hubungan JDAY dengan tujuan emang mau memperjuangkan si target sampe dapet, oke ini gue dukung nih!

Oiya gue masih ada lagi nih jawaban gak jelas ketika di tembak “aku pikir-pikir dulu ya.” Sebenernya kata gue itu jawaban yang udah jelas-jelas di tolak. Udah jelas si target itu belum yakin sama orang yang nembak dia dan menurut gue ini mah udah sih gak usah di pertahanin nyari yang baru aja hehehe apalagi ya kalo minta waktu, seminggu lah dua minggu lah duuhh -_- mau nembak aja udah nungguin waktu lama loh udah nembak masih di suruh nunggu juga? Emang nunggu tuh enak? Ngga!

Gue yakin kalo emang mau dijadiin  pacar juga dia pasti udah mikirin mateng-mateng sejak pe-de-ka-te kan nah ini udah lama pe-de-ka-te pas di tembak masih minta waktu buat mikir? Jadi dulu kemana aja? Mungkin perhatian lo di anggap angin lalu tuh. Tapi aku pikir-pikir dulu aja ya masih bisa berlaku kalo pe-de-ka-te nya baru sebentar wajarlah kalo masih mau mikir, kecuali kalo pe-de-ka-te nya udah lama, harusnya sih udah mateng. Yakan?

Oke ini sih cuma intermezzo aja ya.

Jadi gue harap semoga teman-teman semua tidak terjebak dalam jawaban jalinin dulu aja ya atau aku pikir-pikir dulu ya. Karena sesungguhnya ketidakpastian itu hanya akan membuat kita terjebak dalam dilema cinta.

Komentar

  1. shela peka banget soal perasaan cwo, dari mana dapetnya shel haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapet dari pengalaman cowo cowo yang lelah di kasih alasan "jalanin dulu aja" dan yang lelah ngejar ngejar tapi gak di gubris wkwkwkwk

      Hapus
  2. Nih temen2 Mau tanya kalo ceritanya gini gimana?

    Reka dan rama satu sekolah di sma 2 jogja mereka pacaran tapi cuma 6bulan .
    lalu putus selama satu tahun lebih lalu rama pacaran sama adik yg namanya rini kelas .
    Lalu si reka pacaran sam robu . Rama ga terima reka punya pacar jdi rama mutusin rini , dan balikan lagi sama reka,
    hubungan itu bertahan sampai lulus SMA setelah lulus rama kuliah di kota surabaya dan tepat 14bulan mereka pacaran. rama selingkuh dan akhirnya Mereka putus lagi.

    Kemudian 1tahun reka ngegaluin rama. Tapi rama tidak perduli dan malah asik pacaran berganti ganti orang. Lalu reka punya pacar rido hubungannya cukup lama ...
    Lalu rama kembali ke jogja karna rama di campakan lisa yang tidur dengan toni mantan lisa .
    Reka yang tau kemudian memberikan rama nasehat perhatian dan menjalani chat yang banyak.

    Pada saat itu reka dan rido sudah pacaran selama 2th namun reka juga sering di sakiti rido ..
    Lalu rama tidak terima dan malah mendekati reka lagi kemudian selang berapa saat reka putus dari rido dengan alasan reka bosan sma rido. Alasaan sebenarnya adalah karna rama ngajak reka balikan ...
    Tapi percakapan mereka berlajut seperti ini
    Reka: "hubungan kita apa sih"
    Rama: "kmu maunya apa"
    Reka: "aku ga tau"
    Rama: "kamu nyaman ga sama aku kamu mau lebih ga sama aku"
    Reka: " aku ga tah aku takut kejadian lama terulang kembali, aku syg sama kamu, tapi aku ga mau kehilangan kamu lagi"
    Rama: " aku ga berani janji ga keulang lagi"
    Reka: "mana kamu mau berangkat kerja lagi kan ke malang, aku takut kamu selingkuh lagi kaya dulu"
    Rama: " ya udah aku jga ga bsa janji ga kaya gitu tapi aku syg kmu seandainya kmu percaya aku ga kaya gitu lagi"
    Reka: " aku ragu sama kamu, tapi aku ga mau kehilangan kamu lagi"
    Rama: " ya udah masih ada waktu sblm aku kerja di luarkota kita jalanin aja dulu"
    Reka: " yaudah jalanin aja dulu"

    Nah temen2 jdi menurut kalian sbenarnya kata "yau dah jalanin aja dulu" dari reka dan maksud reka "ragu" dan "sayang tapi takut kehilangan" itu maksudnya apa ya jadi hubungan nya ini harus gimana nih wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini curhat ya kayaknya? Hahaha

      Mending bikin komitmen aja deh mas nya, "jalanin dulu aja" kan gak mengarah ke tujuan manapun. Dan "jalanin dulu aja" ini sama sekali ngga menjawab pertanyaan "kita ini apa?" Bener gak?

      Hapus
    2. Yah curhat colongan lah hahaha
      Bener juga, tapi shela kalo rekanya ragu sama rama karna rama mau pindah kota lagi gimana?

      Hapus
  3. Kemarin nih saya nyampein rasa hatiku ke dia , tapi dia jawabnya malah suruh ngasih waktu lagi. padahal udah kenal lama dan sempat lost contact.
    tapi september lalu aku kembali ke kehidupannya dan sampe sekarang kan udah sebulanan ya..
    trus gimana nih solusinya bila si doi(cewek) bilang butuh wktu ngejawab dan demi MASA DEPAN "katanya.
    minta solusi gais

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna