Langsung ke konten utama

PASSION

Dari tadi gue engga ada kerjaan karena kuliah libur seharian gue diem di kostan sambil ngobrol sama temen gue yang nginep karena malemnya kita abis nongkrong-nongkrong ria di angkringan yang gak terlalu jauh dari kostan gue. Pulang dari angkringan gue sama temen gue, Jevi namanya, gak langsung tidur tapi kita ngobrol-ngobrol sampe jam satu pagi. Ngobrol sama temen itu emang hal yang paling gak kerasa tahu-tahu udah pagi aja. Paginya gue sama Jevi bangun dan cuma sholat subuh doang udah gitu tidur lagi sampe gak kerasa udah jam 9 pagi kita baru bener-bener bangun. Seperti belum puas dengan obrolan semalam, baru aja sadar gue sama Jevi langsung ngobrol-ngobrol lagi sampe jam 3 sore! Dasar cewek emang hobi gosip -_-

Ada banyak banget yang gue omongin sama Jevi hari ini, dan dari beberapa hal yang kita omongin itu ada salah satunya tentang Passion dan ini menjadi inspirasi banget buat jadi materi ditulisan gue kali ini. Buat kalian yang belum ngerti apa itu passion,gue kasih sedikit penjelasan deh. Jadi passion itu adalah sesuatu yang suka kita lakuin dan kita bahagia saat melakukannya, contohnya kalian suka basket dan kalian selalu bahagia saat melakukannya. Bisa di bilang sih passion itu minat dan bakat kita.

Saat ini gue adalah seorang mahasiswa semester 2 di salah satu Politeknik di Bandung. Gue mahasiswa dari jurusan yang berkaitan dengan bisnis walaupun sesungguhnya bisnis itu bukan passion gue. Segede upil pun gue gak pernah ada minat buat jadi pebisnis, bahkan kalau boleh jujur gue gak terlalu ngerti bisnis. Pernah waktu itu gue dapet tugas dari dosen disuruh bikin brosur usaha gitu, karena gue emang ga minat dalam dunia bisnis gue bikinnya pun seadanya aja. Mungkin kalian berpikiran kalau gue ga suka bisnis kenapa harus ngambil jurusan bisnis. Sebenernya ini adalah tentang sebuah penolakan. #PenolakanSNMPTN #PenolakanSBMPTN oke gue udah pernah cerita tentang ini, kalian bisa baca tulisan gue yang sebelumnya.

Tapi setelah satu semester gue menjalani kuliah, gue udah ikhlas dengan apa yang menjadi takdir gue untuk kuliah disini dan di jurusan ini. Gue berhasil dapet IP yang terbilang tinggi, karena memang tidak di pungkuri gue tetep serius kuliah dan belajar, sebenernya sih IP gue jauh meleset lebih tinggi dari perkiraan gue. Gue emang ngerasa gak cocok dengan jurusan gue yang sekarang tapi gaya belajar disini sebenernya yang gue suka dan temen-temen kelas yang bikin gue betah.

Di tengah-tengah obrolan Jevi bilang ke gue kalau minatnya itu di bidang matematika dan bahasa inggris. Gue bisa ngerti kok, karena sejauh pengelihatan gue Jevi emang jago matematika sama bahasa inggrisnya. Kadang, gue suka envy sama orang-orang yang punya bakat seperti di bidang seni, olahraga maupun pendidikan dan gue selalu ngerasa gue gak punya bakat di bidang apapun. Sebenernya perkataan Jevi itu sukses bikin gue jadi mikir keras tentang prestasi apa aja yang udah gue dapat selama gue mengenyam pendidikan. Gue pun jadi flashback~

Waktu SD gue pernah ikut olimpiade biologi dan dapet juara dua entah tiga, asli gue lupa. Zaman SMP gue pernah jadi juara umum sekali-kalinnya pas kelas satu. Ini prestasi yang sebenernya gak pernah gue sangka-sangka sih soalnya gue ngerasa gak pinter-pinter amat tapi ya ga munafik gue orangnya emang rajin hehehe. Naik ke kelas dua gue mulai banyak ikutan lomba. Paling sering sih pidato sama speech contest tapi pernah juga ikut story teeling dan gue pun dipercaya lagi buat ikut olimpiade biologi. Pas kelas dua gue emang lagi tertarik banget sama yang namanya pidato, gue selalu salut sama orang yang berani ngomong di depan banyak orang dan ketika pidota gue selalu ngerasa jadi orang-paling-keren-diantara-orang-keren. Gue sering banget ngajuin diri buat ikutan lomba pidato tanpa diminta sama guru. Wah gue memang inisiatif!

Suatu hari gue pernah diminta buat ikut speech contest sama guru bahasa inggris. Gue nolak! Gue gak siap kalau harus bicara bahasa inggris, maklum lah lidah gue kan sundanesse banget. Tapi guru itu terus ngejar-ngejar gue dan ngasih beribu wejangan supaya gue mau ikutan dan apa boleh buat gue gak berdaya buat nolak lagi. Penampilan perdana gue speech contest waktu itu ancur banget pokoknya, ditambah lagi gue gugup banget dan yang gak gue tahu ternyata setelah peserta tampil para juri bakal ngasih pertanyaan (pake bahasa inggris pastinya) yang berhubungan sama materi yang di bawain peserta. Ini bikin down banget. Tapi guru gue tetep bangga sama gue meskipun penampilan gue ngecewain dan setelah itu gue selalu di percaya untuk ikut speech contest. Di akhir sepak-terjang gue dalam dunia per-pidato-an gue ikutan story telling dan berhasil jadi juara tiga. Seneng banget! Tapi…….pengalaman-pengalaman emas gue pas SMP engga gue kembangin, masuk SMA gue jadi pasif bahkan orang-orang gak nyangka kalau gue ini dulunya suka speech contest. Memang sayang banget sih sebenernya coba aja kalau dikembangin mungkin gue jadi jago bahasa inggris kayak temen gue, Jevi.

Oiya pas kelas dua SMP juga gue mulai tertarik sama baca. Baca novel. Awalnya sih dari temen gue yang pernah bawa novel ke sekolah dan gue baca sekilas, novelnya seru banget. Dari situ gue mulai tertarik sama novel dan sering tukeran sama temen-temen. Sampe sekarang pun gue selalu rajin ngumpulin duit buat beli novel dan gue paling gak bisa kalau beli novel satu doang, ya minimal dua lah hehe. Dari hobi baca novel gue mulai tertarik buat nulis novel, tapi cerita gue selalu gantung dan gak pernah selesai. Gue pun berhenti nulis.

Suatu hari gue lagi beresin kamar gue, dan tiba-tiba gue nemu buku yang udah usang gitu. Ternyata itu buku pas gue SD. Isinya kumpulan cerita anak karangan gue dan gue baru ngeh pas SD gue emang suka banget bikin karangan. Gue paling seneng pas pelajaran bahasa Indonesia karena selalu disuruh buat ngarang cerita gitu. Dari situ gue mulai nulis lagi, nulis cerpen. Mungkin awalnya gue berpikir terlalu jauh karena pengen langsung nulis novel padahal gue bisa mulai dari hal kecil dulu. Cerpen karangan gue sih sebenernya gak bagus-bagus amat dan gak pernah gue publish karena gue gak pede. Ujung-ujungnya gue berhenti lagi nulis.

Tapi gue juga pernah nulis scenario drama gitu pas gue SMP dan hasilnya emang memuaskan, drama gue sampe di bikin videonya sama salah seorang guru. Di SMA gue kembali bikin scenario sama naskah drama gitu, buat yang ini gue puas banget soalnya banyak yang suka dan ditonton sama anak-anak satu sekolahan walaupun sejujurnya gue masih kurang pede sama karya gue itu, tapi memang gue gak kerja sendiri sih temen-temen gue pun pastinya bantuin gue! Dari situ gue sempet bercita-cita jadi penulis scenario dan bikin film terus shooting di Korea dan udah banyak banget ide-ide cerita yang pengen gue buat, sebatas pengen sih soalnya gue gak pernah ada action. Ide-ide cerita itu cuma ada di bayangan gue dan ga pernah gue tuangin dalam sebuah tulisan, yang jadi masalah gue gak pernah pede kalau bikin cerita. Gue juga sempet bercita-cita jadi wartawan. Wartawan itu keren, mereka kerja cukup pake jeans, pake kemeja dan sepatu cats. Gaul! Gak kayak di jurusan gue sekarang yang harus selalu pake high heels lah, harus make up lah pokoknya harus feminim. Bukan gue banget!

Dari pengalaman SD sampe sekarang gue gak punya bakat yang jelas karena semuanya cuma setengah-setengah dan gak gue kembangin tapi pada dasarnya gue emang suka banget nulis. Makannya sekarang pun gue mulai rajin nge-blog. Memang sedikit pindah haluan sih dari yang awalnya nulis cerpen gitu tapi tulisan gue di blog ini lebih ke curhat. Karena bikin tulisan berdasarkan realita memang lebih mudah daripada bikin cerita fiktif. Tulisan gue di blog pun masih belum jelas benang merahnya alias masih acak-acakkan. Blog gue memang sepi komentar tapi gue juga gak berharap banyak di baca sama orang sih, gue cuma suka nulis aja dan nuangin apa yang ada dalam hati gue. Gue orangnya memang sedikit diem dan jarang curhat dan cuma dengan nulis gue bisa ngeluarin semua unek-unek, entah ini kekurangan atau kelebihan gue, gue pun gak tahu.

Jevi bilang gue cocok jadi penulis. Jujur gue malu, soalnya gue ngerasa tulisan gue masih gini-gini aja gak ada yang special dan gue juga suka malu kalau di bilang jago nulis soalnya gue gak bisa merangkai kata. Seperti yang gue bilang sebelumnya kalau gue ini orangnya jarang curhat makannya gue bikin blog supaya gue bisa bebas nuangin semua apa yang ada di hati gue, apa yang jadi unek-unek gue. Dan kenapa gue milih nulis di blog? Karena gue pengen jadi anak gaul yang punya diary online hahaha ;D


Setelah menulis blog gue mulai bener-bener cinta banget kalau udah nulis, gue selalu manfaatin waktu berjam-jam buat nulis dan gue selalu ngerasa bahagia ketika gue mulai menuangkan kalimat demi kalimat di blog gue. Gue mungkin gak cocok dengan bisnis seperti jurusan gue sekarang ini dan masih belum sepenuhnya move on dari mantan SNMPTN tapi seenggaknya gue punya sesuatu yang lain yang bisa bikin gue seneng. Nulis :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna