Langsung ke konten utama

Kamu Udah Berubah Sekarang!

Joko tertunduk lesu dengan handphone di genggaman tangannya sekarang. Pikirannya kini ada di satu minggu yang lalu saat dia sedang berada di perternakan sapi bersama Siti. Saat itu Joko sedang menyatakan perasaan cintanya pada Siti, suasananya sangat romantis. Saat menyatakan cinta Joko tidak sendirian, tetapi dia ditemani dengan grup paduan suara yang mengeringinya dan terus bernyanyi “moo…moooo….moooo…eeeemoooooo………….” selain itu bau-bau ee’k sapi pun bertebaran disekitar Joko dan Siti yang semakin menambah romantis suasana di perternakan tersebut. Malam sebelumnya Joko sms Siti untuk mengajaknya bertemu.
Joko
mAyemZzz Citiiiii,,,,,
Siti
maYemz Ugha!!!!
Joko
oKo gaN9gu 9axxx?
Siti
N9ga Koq, maNx da Ap?
Joko
B3cOk keTemU yukXzz
Siti
mAu kt3mU diManahTz?
Joko
Di tEmpaT pErtaMa QtA ktemU!!!! Jam 3 suBuH kiTa keTemu diS4naH yA!!!!!!
Siti
oKeHtz, sEe yoUuUuUuU~
 Membaca sms terakhir dari Siti, Joko langsung koprol. Dia seneng banget dan yakin kalau Siti bakal nerima cintanya. Sepanjang malam Joko terus berlatih supaya bisa menampilkan yang terbaik dan bikin Siti jadi luluh.

Tiba saatnya dua insan alay ini bertemu di tempat pertama mereka ketemu, perternakan sapi. Gue gak bisa jelasin kenapa mereka bisa ketemu di perternakan sapi karena gue juga gak ngerti awal bertemunya mereka. Dengan dibantu oleh kekuatan sinar rembulan Joko pun memberanikan diri nembak Siti.

“Ti….”
“Iya…”

“Kamu, eh anu itu emmhh, aduh itu loh Ti eh anu..”

“Joko mau nembak Siti?”

“Nah iya itu!”

“Siti mau jadi pacar Joko, kalau Joko mau gak jadi pacar Siti?”
“Mau banget!” teriak Joko.

Errrr…kenapa jadi Siti yang nembak ya? -_-

Sejak saat itu akhirnya dua insan ini pun resmi jadian. Hidup Joko menjadi lebih berwarna dengan hadirnya Siti. Siti selalu perhatian sama Joko dan Joko jadi semakin manja. Tiap hari Siti selalu bawain Joko sarapan ke kampus dan makan sambil suap-suapan. Terkesan lebay memang, tapi namanya orang yang jatuh cinta semuanya pun terasa indah, dunia serasa milik berdua dan yang lain cuma ngontrak.
“Tok..tok..tok..tokkk!!!!!”

Terdengar suara pintu yang di ketuk dengan begitu kencangnya yang langsung membuyarkan lamunan Joko.

“Woy lagi ngapain sih? Ini kan toilet umum!!” Teriak orang di luar pintu.

Joko terperanjat dan langsung mengakhiri bokernya. Saat keluar dari toilet Joko kaget bukan main, antrian di pintu udah mirip sama antrian mau naik kora-kora di dufan kalau lagi musim liburan. Semua mata tertuju pada Joko.
Saat ini Joko sedang berada di sebuah mall, rencananya dia akan nonton film sama Siti tapi baru seminggu jadian Joko malah di putusin Siti lewat sms.
Joko
CyanX,,,
Siti
aP?
Joko
nOntn yuKz, aD fiLm bGusz loCh!! aQ jmPut yaCh
Siti
maaV oKo, ciTy gaK bissa, ciTy mau qTa putuS aJzz!!!
Joko
Hah? Kenapa putus? Jangan bercanda sayang
Siti
Tuch Kanz kaMu tUh udAh berUbah gAx kaYax dLu laGieh!! kaMu aja Itu uDah maLes ngEtik sMs gaUl kayak biasaNyA.
Joko
Maaf sayang, aku tuh kaget jadi biar ngetiknya cepet ini tuh.
Siti tak membalas lagi sms dari Joko yang bikin Joko jadi galau maksimal, dia pun memutuskan pergi ke rumah Siti malam itu juga untuk memastikan kelanjutan hubungan mereka. Joko pun segera mengayuh becanya menuju rumah Siti. 

Sesampainya dirumah Siti, Joko langsung mengetuk pintu. Menunggu beberapa menit sampai pintu itu dibuka. Di dalam rumah Siti langsung bahagia ketika mendengar pintu di ketuk oleh seseorang dengan semangat yang membara Siti segera membukakan pintu tapi dia kaget saat tahu yang datang adalah Joko.

“Joko?”

“Aku butuh penjelasan Ti…” Ucap Joko to the point.

“Aku kan udah bilang kamu berubah sekarang udah gak kaya dulu lagi.”

“Berubah apa sih? Kan aku udah bilang sama kamu kalau aku udah pensiun jadi power ranger pink aku udah gak bisa berubah sekarang, kekuatan sinar rembulan udah gak bisa bantu aku apa-apa lagi.”

“Tapi aku ngerasa beda Joko, lagian kamu tuh alay banget aku gak suka cowok alay!”

Di tengan perdebatan antara Joko dan Siti tiba-tiba datang sebuah mobil bmw di depan rumah Siti yang parkir di samping becanya Joko. Seorang pria bule keluar dari mobil tersebut dan tersenyum pada Siti lalu menghampirinya.

“Good night Princess” Sapa cowok bule itu.

“Hai..” Jawab Siti singkat.

“What wrong with You beib?”

Si bule langsung melirik ke arah Joko dan bertanya pada Siti lagi.

“Hei siapa gerangan orang ini? Ah ya pasti dia Joko si cowok alay gak jelas yang suka kamu ceritain itu kan? Pacarnya pembantu kamu.”

Joko mengepalkan tangannya kuat ketika melihat dan mendengar apa yang terjadi di depannya saat ini. Dia memandang tajam ke arah Siti, Siti tertunduk tanpa bisa berkata apa pun. Seluruh isi dunia serasa menghantam hati Joko, langit serasa runtuh menimpa tubuh Joko, lutut Joko terasa lemas kayak abis naik kora-kora dengan ketinggian 90 derajat.

“Kamu yang udah berubah Ti bukan aku. Terima kasih buat semuanya. Bye!”
Joko pergi. Siti mingkem. Si bule jungkir balik. 
The End.
                                                               ***

“Kamu udah berubah sekarang.” Alasan klasik ketika seseorang meminta putus, biasanya sih cewek yang sering pake alasan ini. Tapi kalimat “kamu udah berubah sekarang” gak hanya terjadi pada sebuah hubungan sepasang kekasih, biasanya hubungan pertemanan pun selalu pake kata-kata ini. “Kamu udah berubah sekarang” “kamu udah beda gak kaya dulu lagi.”

Beberapa waktu ini telinga gue kerap kali mendengar kata-kata itu diantara temen-temen gue. Awalnya serius tapi kini jadi bahan bercandaan. Semuanya berawal dari temen gue,namanya Jay dia tiba-tiba bilang kalau sekarang dia ngerasa beda dan banyak anak-anak yang udah berubah. Gue jadi mikir berubah apanya? Gue ngerasa biasa aja. Apa gue yang gak peka? Beribu pertanyaan pun merasuki pikiran gue.

“Apa gue termasuk orang yang berubah?” Ah tapi gak mungkin, gue bukan power ranger.

“Apa dia yang berubah?”

“Apa ini cuma perasaan dia aja?”

“Apa dosen kita yang udah berubah?”

“Apa mantan gue yang jangan-jangan udah berubah pikiran dan mau balikan lagi sama gue?”  Bisa jadi!

Mungkin orang memang gak bisa selamanya sama. Mungkin seseorang butuh waktu buat sendiri dulu, menyepi. Tapi jujur, walau terkadang gue selalu ngerasa nyaman dengan kesendirian gue pun tetep gak bisa selamanya sendiri, gue butuh temen.
Kalau sama temen itu segala sesuatunya udah kayak milik sendiri. Kalau sama pacar dunia serasa milik berdua tapi kalau sama temen tuh beda. Temen punya makanan, makanan kita juga. Temen punya duit, duit kita juga. Temen punya pacar, pacar kita juga. Temen punya utang, ya bayar sendiri aja deh.

Tapi kadang, serame-rame nya sama temen rasanya tetep ngerasa sepi. Kenapa? Mungkin bukan “kamu udah berubah sekarang” tapi “zaman yang udah berubah sekarang” Zaman dulu bertiga bareng temen aja udah berasa rame banget, sekarang? Bertiga sama temen tuh rasanya sepi karena semuanya sibuk sama gadget masing-masing. Pernah gue sama temen-temen gue main bertiga, tapi kita malah asyik sendiri diem di pojokkan sambil mainin gadget masing-masing. Gadget ini memang luar biasa canggih, mampu mendekatkan yang jauh menjauhkan yang dekat. Kadang-kadang lagi ngobrol sama temen tapi konsentrasi ke bagi dua gara-gara lagi sibuk chatting juga, rasanya dunia maya lebih seru dibanding dunia nyata. Dunia maya seolah-olah merenggut kebahagian di dunia nyata. Zaman dulu jatuh cinta pada pandangan pertama, sekarang jatuh cinta pada avatar pertama. Dulu ketemu-kenalan-pdkt-nembak-jadian-putus. Sekarang follow-follback-jatuh cinta sama avatar-modus-jadian-putus. Dulu temen sakit di tengokin, temen ulang tahun pada dateng bawa kado dan ngucapin langsung. Sekarang temen sakit cukup bilang “GWS” temen ulang tahun cukup pasang pm di bbm “Shela’s Day” pake gambar kado-kado-an.

Memang gak semua orang kayak gitu. Contohnya gue sama temen-temen gue yang sekarang. Temen sakit selalu kita tengokin ko, temen ulang tahun ya kadang-kadang lupa sih hehe tapi gue sama temen gue Jevi udah nulisin tanggal-tanggal ulang tahun temen, seengaknya udah ada niatan buat gak sekedar ngucapin “HBD WYATB GBU OTW GWS YNWA GGMU” di facebook tapi sekalian mau minta traktiran, lumyan makan gratis. Gue juga selalu seneng dan gak pernah ngerasa kesepian kalau bareng sama temen-temen gue. Dan kata-kata “kamu udah berubah sekarang” seolah-olah kayak jadi bahan bercandaan. Contohnya kemarin gue sama temen-temen pada main ke angkringan, nah si Jay gak mau ikut gue langsung aja sms tuh anak dan bilang “kamu udah berubah sekarang” terkesan sarkasme memang, tapi ya namanya sama temen, bercanda dikit boleh kali. Dan besoknya temen-temen gue pada ngeramen gilirian gue deh yang gak mau ikut, gue pun kena sarkasme dan dapat sms “Kamu udah berubah Shel.” Walaupun mungkin itu bukan sekedar bercanda, gue gak masalah sih gue udah pernah bilang sama temen-temen gue kalau terkadang gue suka pengen sendirian aja. Karena biar bagaimanapun gue kalau lagi nyaman ya sendirian pun gak masalah.


Sekarang buat kalian yang masih suka nyuekin temen-temennya dan memilih buat mainin gadget aja segera rubah semuanya. Kasian loh temennya ngerasa kesepian tuh. Memang sulit melepaskan tangan dari yang namanya gadget,tapi ayolah ini tuh dunia nyata, yang ada di gadget lo cuma dunia maya doang. Di twitter nyari-nyari followers aja kerjaannya. Di facebook temen sampe ribuan, di dunia nyata mana temen-temen lo? Ketika followers dan temen facebook berkurang malah uring-uringan ujungnya. Apa kalian gak inget sama temen di dunia nyata kalian? Hey wake up guys! Ketika temen dunia nyata kalian ilang masihkah kalian cari? Masihkah kalian uring-uringan kayak kehilangan followers? Nyari temen tuh yang nyata bukan maya J

Komentar

  1. Kamu berbakat sebagai anak alay shel -___-
    Kamu udah berubah sekarang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu emang bakat terpendam aku Je, pokoknya ini rahasia kita!

      Hapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna