Langsung ke konten utama

Kampus idaman atau Kampus cadangan?

Gue mau coba berbagi sedikit pengalaman nih tentang betapa galaunya milih tempat kuliah. Mari kita flashback satu tahun ke belakang. Buat yang belum bisa move on jangan langsung inget mantan ya! ini bukan soal mantan, yuk sakuin aja dulu mantannya :)

Ceritanya dulu gue ikut SNMPTN kan. Ini udah gak perlu gue jelasin apa itu SNMPTN kan? Udah pada paham kan? 
Hah?? belum? 
Oke gue jelasin dikit deh ya. Jadi SNMPTN itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, buat tahun 2013 SNMPTN bisa diikutin sama 100% siswa kelas XII dari satu sekolah. Sistem nya tuh jadi kita di kasih password gitu lah dari pihak sekolah terus entar kita login ke akun SNMPTN pake NISN sama password yang di kasih dari sekolah. Setelah itu kita masukin nilai rapot kita dari semester 1-5. 
Kalo kita gagal kita masih bisa ikut SBMPTN ko tapi maaf ya gue belum bisa jelasin soal SBMPTN masih sakit hati gue, belum bisa move on :(

Oke. Waktu gue ikut SNMPTN pilihan pertama gue itu Fikom Unpad sedangkan pilihan ke dua Fikom UB. Bunuh diri deh gue......Kenapa bunuh diri? Menurut survai 5 besar PTN yang banyak peminatnya itu ada UNPAD sama UB terus pilihan jurusan paling banyak di kedua PTN itu ya Fikom!! Udah jelas kan.........
Banyak yang bilang kalo milih jurusan sama PTN itu yang peminatnya dikit, banyak yang bilang juga yang ada alumni sekolah kita yang berprestasi di PTN tersebut. Tapi gue gak peduli sama semua itu, dulu gue mikirnya gini, nilai gue tinggi kan nilai gue naik terus dari semester 1-5 jadi gue pasti lolos SNMPTN.Pasti!! Pokoknya gue berharap banget sama SNMPTN.

Nah di tengah-tengah nunggu hasil SNMPTN, gue ikut PMDK Polban. Ini buat cadangan aja sih karena gue gak niat masuk Polban. Meskipun Kakak gue alumni Polban dan dia sukses banget gue gak tertarik tuh lagian ga ada jurusan yang memikat gue. Tapi entahlah akhirnya gue pun ikut-ikutan aja deh daftar Polban. Gue milih prodi Adm.Bisnis. Aduh gue gak tau deh Adm.Bisnis itu apa? belajar apa? -,- Sebenernya kan gue kuliah itu gak mau ketemu lagi sama ekonomi dan matematika karena nilai gue selalu kecil buat mata pelajaran itu. Tapi apa coba, ini kan bisnis. Ekonomi sama matematika jadi makanan sehari-hari deh. Bunuh diri lagi deh gue. Makan tuh!!!!! Tapi pas daftar Polban nih perjuangan banget deh. Waktu itu udah mepet bangeetttt..... gue sibuk nyari-nyari guru yang pegang rapot gue sampe bolak-balik ke lantai dua gedung sekolah.Cape banget deh! Ketika yang lain pada ngurusin sertifikat gitu gue mah gak pake sertifikat apa-apa deh. Ceritanya kan udah sore gue harus minta surat keterangan sehat gitu tapi puskesmas nya udah tutup, akhirnya gue nelepon sodara gue yang kerja di Puskesmas buat bikinin surat keterangan sehat tapi ternyata gak gampang susah banget ngehubungin sodara gue nya. Terus data gue buat yang dikirim ke Polban gak bisa di print gara-gara mati lampu dan ujan gede banget. Ah repot banget deh pokonya.

Satu bulan kemudian......

Gue dapet SMS dari temen gue "Sheeeell.....kita diterima di Polban :D" Gue kaget dong. Pengumumannya kan masih beberapa hari lagi. Gue langsung cek web Polban deh ternyata emang udah dibuka dan ya ya ya ya ya di urutan no.26 (kalo ga salah. Gue lupa xD) di kolom d3-Adm.Bisnis ada nama gue!!!! Gue gak langsung ngambil Polban sih gue kan masih nungguin hasil SNMPTN. Dan...ternyata...hasilnya....nihil. Ya pasti lah gue kan bunuh diri :( Waktu tau gimana hasilnya gue sok'tegar gitu deh padahal galau maksimal mau kuliah dimana. Gamau di Polban gamauuuuuuu :( 

Akhirnya gue mutusin buat gak ngambil Polban dan berjuang lagi di SBMPTN (test tulis). Tapi waktu itu gue ngerasa berat gitu ya nolak Polban. Duh emang masih labil deh gue. 
Pas SBMPTN gue gak milih Fikom Unpad lagi atau pun Fikom Ub. Tapi gue ngambil UPI dengan 3 pilihan jurusan. Ilmu Perpustakaan,Adm.Pemdidikan, sama satu lagi gue lupa pokoknya tentang marketing gitu deh. Buat SBMPTN gue sebenernya udah putus asa banget sampe gue ngaco aja milih jurusannya, gue kaya hilang arah dan tujuan gitu lah :( *soundtrack Rumor-Butiran Debu
Tapi sebelum pelaksanaan SBMPTN dimulai gue ko malah gamau lepasin Polban ya, akhirnya gue pun nekat daftar ulang ke Polban pas hari terakhir bangeeeeeeetttttt. Gue sampe di telepon Panitia PMDK Polban, ditanyain udah daftar ulang atau belum. Duh care banget ya () 
Awalnya sih gue daftar pas dua hari sebelum pendaftaran di tutup tapi gak bisa. Kan daftar ulangnya harus di BRI gitu nah pas hari itu BRI nya pada eror. Ih gue pengen nangis deh. *Gue tau kalian yang pada baca pasti bakal bilang gu labil kan? 
labil~~ labil~~ labil~~~ bodo amat..................................

Parahnya pas SBMPTN gue sama sekali ga belajar maksimal, karena yang ada di pikiran gue "nyantei aja ahh kan udah keterima di Polban." duh.....
Dan ya karena gak belajar hasilnya juga nihil kan. 
#gagalSNMPTN
#gagalSBMPTN
#masukPolban #kampuscadangan

Horeeeee gue pun fix kuliah di Polban. Tapi gak sepenuhnya hati gue nerima kenyataan ini.Hiksss. Seminggu pertama gue kuliah gue nangis teruuuuuuuuuuuuusssssss, sampe mata gue bengkak segede panda mata panda. Pikiran-pikiran kotor pun mulai merasuki otak gue. Takut DO lah (Polban nih emang sistem DO apalagi kalo nilai kita kecil) takut paling bodo lah, takut gak bisa apa-apa lah. Gue pun punya niat buat ikut SBMPTN lagi dan pengen cepet cepet out dari Polban. Tapi, itu pikiran gue 6 bulan yang lalu ko. Udahan ya flashback nya. 

Balik lagi ke 2014...........

Gak kerasa udah satu semester gue kuliah di kampus cadangan ini.Iya kampus cadangan, udah deh gausah dibaca ulang. Selama satu semester gue kenal sama temen-temen sekelas gue seneng banget deh. Mereka semua itu special kaya martabak telor. Mereka yang bikin gue betah kuliah di sini, mereka bikin gue nyaman, pokok'e joget mereka luar biasa. Belajarnya pun gak seberat yang gue pikirin. Semuanya sesuai dengan kemampuan gue, meski kadang-kadang gue kesulitan di matkul matematika bisnis. Tapi bisa gue atasi ko, buktinya nilai kuis gue selalu di atas 70 :D Belajarnya pun sebenernya cuma ngulang pelajaran pas kelas XI sama XII ko. 

trus gimana sama SBMPTN Shel...?
Gimana yaa?? Ikut gak yaa? Sebenernya gue nyaman dan sayaaaaaaaannggg banget sama semua penghuni kelas ABB (Adm.Bisnis kelas B). Gue gamau adaptasi lagi sama tempat baru, gue ga mau kalo ujung-ujungnya gue malah nyesel. Tapi jujur sihhh....gue belum sepenuhnya move on dari SNMPTN atau pun SBMPTN. Di twitter gue masih follow akun-akun tentang SNMPTN, tiap gue liat twitnya tentang SNMPTN rasanya gue pengen balik lagi ke zaman gue ikut SNMPTN, pengen gue ulangin kesalahan mengklik PTN sama jurusan.Aaaahhhhh. 
Apalagi banyak temen-temen di kelas gue yang mau ikut SBMPTN lagi. Tapi hati gue bilang, gue harus bertahan di sini. Di AB! AB! AB!!! Gue udah nemuin kenyamanan gue di sini. Apalagi pas tau gue dapet IP gede banget, jauh melebihi target loh. Alhamdulillah :) Waktu gue mutusin buat kuliah di Polban ortu gue seneng banget, gak mungkin gue ngecewain mereka dengan tiba-tiba gue bilang mau ikut SBMPTN lagi. Kalo gue masih ngeduluin ego gue kapan gue bikin bangga ortu? Gue gak mau nyia-nyiain perjuangan mereka nguliahin gue di Polban :'))
Gue cinta AB gue cinta Polban, gue gak mau berpaling kaya dulu gue berpaling dari mantan gue dan akhirnya nyesel #abaikan.

Love AB.

Komentar

  1. penuh lika liku dan kegalauan ya kak :)
    aku juga mau ikut pmdk dan alasannya sama buat cadangan dulu tapi bedanya, aku memang niatin pengen di polban tapi pengen usahain dulu snmptn hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari berkomentar, mari berkawan! Ketahuilah, komentarmu sangat berarti. Terima kasih :))))

Postingan populer dari blog ini

Manis Pait Tukang Jarkom

Pernah denger istilah “Jarkom”? Pastilah ya pasti banget. Ini istilah paling fenomenal di kalangan anak SMA khususnya sih Mahasiswa. Gue sendiri pertama denger istilah ini pas jaman-jaman ospek kuliah, banyak benget yang ngomong “kalo ada info apa-apa jarkom ya” awalnya gue bingung sih apaan itu jarkom, tapi setelah gue nyari info ternyata jarkom ini sebenernya kata lain dari istilahnya anak alay “send all” yang lebih kekinian. Gitu. Sadar gak sadar istilah ini seolah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan keseharian mahasiswa khususnya. Gue yakin banyak mahasiswa yang hampir tiap harinya keluar istilah ini dari mulut mereka, yaa apalagi mereka para aktivis kampus. Bener gak? Kata orang pinter sih (baca:Google) jarkom itu kependekan dari “jaringan komunikasi” dimana satu orang dalam organisasi harus menyampaikan informasi dengan cara menyebarkannya melalui media elektronik ke semua anggota di organisasi tersebut. Biasanya sih orang humas yang jadi tukang jarkom. Namanya humas k

Naskah Berita, Liputan Objek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Sumber gambar: Google Objek wisata Situ Lengkong Panjalu merupakan perpaduan objek wisata alam, budaya dan ziarah yang terdapat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar dan kedalaman air sekitar 4 sampai 6 meter. Dengan menumpuh jarak 32 km dari Kota Ciamis kita sudah bisa sampai di tempat wisata ini.  Untuk masuk ke tempat wisata ini kita cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3000/orang. Di tengah danau Situ Lengkong terdapat pulau yang disebut dengan Nusa Gede yang menjadi tujuan ziarah wisatawan. Nusa Gede pada awalnya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu dan kini di dalamnya terdapat makam Hariang Kencana yang merupakan anak dari Prabu Sanghyang Borosngora yang merupakan Raja Islam pertama di Kerjaan Panjalu. Masyarakat Panjalu sendiri menyebut Hariang Kencana sebagai Syekh Panjalu. Menurut cerita dari mulut ke mulut masyarakat sekitar bahwa air yang terdapat di danau Situ Panjalu merupakan tetesan ai

[CERPEN] Januari

Januari Oleh: Shela Gumilang Hari itu adalah hari ke empat di bulan Januari saat tanpa sengaja kita dipertemukan kembali di alun-alun kota setelah beberapa bulan tak bersua. Saat itu ku pikir rasaku padamu tak lagi sama seperti dulu, ku kira aku sudah mati rasa padamu, namun nyatanya setelah melihat senyummu itu hari-hariku seperti menjadi rusak dibuatnya. Hanya karena seulas senyum, aku dibuat menggila karenanya. Tapi apa kau tahu bahwa setelahnya juga aku merasa sakit? Sungguh tak ada yang lebih sakit ketika kita harus bertemu kembali namun seolah sebelumnya tak pernah terjadi apa-apa diantara kita. Kau hanya tersenyum kepadaku, lalu aku merasa semakin tak waras karenanya dan kau pergi lagi begitu saja tanpa sepatah kata pun. Aku melihatmu melangkah pergi saat itu, berjalan melewatiku tanpa sedikit pun ingin menatapku lagi sedangkan lidahku kelu tak mampu hanya sekedar untuk memanggil namamu. Hari berganti hari tapi bayangan tentang senyummu pagi itu seolah tak perna